Survey Pemilihan Materi Guru Pjok Kelas Bawah Terhadap Implementasi Kompetensi Dasar Motorik Di SD/MI Se Kecamatan Junrejo Kota Batu

Authors

  • Zelsa Jovanka Putri Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i22023p181-199

Keywords:

basic motor competence, material selection, physical education teacher, kompetensi dasar motorik, pemilihan materi, guru PJOK

Abstract

Abstract: The selection of physical education teacher materials for the implementation of basic motor competence learning physical education, Sports and Health provided by the teacher will maximally facilitate learning. The purpose of this research is to find out how the implementation or implementation of basic motor competencies for material selectors focuses on physical education teachers, and wants to know the implementation of motor competence implementation in the selection of learning materials. This study uses a quantitative descriptive survey research method with the subject of 21 physical education teachers for the lower grades of SD/MI in Junrejo District. Collecting data using non-test instruments, namely questionnaires and interviews. The results of the selection of class 1 physical education learning materials were 54.76 percent which were included in the less criteria, the selection of 2nd class physical education learning materials were 53.22 percent which were included in the less criteria, the selection of 3rd grade physical education learning materials was 56.55 percent which was included in the adequate criteria, so it can be concluded that the selection of physical education teacher material on the implementation of basic motor competencies is classified as enough category, this is also caused by several factors including: unavailability of facilities and infrastructure, lack of mastery and understanding of teachers, school policies or regulations.

Abstrak: Pemilihan materi guru PJOK terhadap implementasi kompetensi dasar motorik pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diberikan guru secara maksimal akan memperlancar jalannya pembelajaran. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi atau pelaksanaan kompetensi dasar motorik terhadap pemilihan materi yang berfokus pada guru PJOK kelas bawah tingkat SD/MI serta ingin mengetahui kendala pelaksanaan kompetensi dasar motorik dalam pemilihan materi pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian survey deskriptif kuantitatif dengan subjek 21 guru PJOK kelas bawah SD/MI se Kecamatan Junrejo. Pengumpulan data menggunakan instrumen non tes yaitu angket dan wawancara. Diperoleh hasil pemilihan materi pembelajaran PJOK kelas 1 sebesar 54,76 persen yang termasuk dalam kriteria kurang, pemilihan materi pembelajaran PJOK kelas 2 sebesar 53,22 persen yang termasuk dalam kriteria kurang, pemilihan materi pembelajaran PJOK kelas 3 sebesar 56,55 persen yang termasuk dalam kriteria cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemilihan materi guru PJOK terhadap implementasi kompetensi dasar motorik tergolong kategori cukup, hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: ketidaktersediaan sarana dan prasarana, kurangnya penguasaan dan pemahaman guru, kebijakan atau peraturan sekolah.

References

Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science & Education Journal, 2(1).

Amanchukwu, R. N., Stanley, G. J., & Ololube, N. P. (2015). A Review of Leadership Theories, Principles and Styles and Their Relevance to Educational Management. Management, 5(1), 6–14. doi: 10.5923/j.mm.20150501.02

Arif Maulana Soleh, & Waluyo. (2021). Sarana Dan Prasarana Olahraga Mata Pelajaran PJOK Sekolah Menengah Pertama Negeri Se- Kota Salatiga. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(2), 164–171. doi: 10.46838/spr.v2i2.121

Depdiknas. (2007). Kriteria Penilaian Pendidikan Tingkat Sd/Smp/Sma (Jakarta). Jakarta: Kemendikbud Ri.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. doi: 10.21009/jkkp.051.02

Estrada Mahasiswa S-, E., Jasmani, P., & Pujianto, D. (2019). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pjok Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bengkulu. 198–207.

Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207. doi: 10.51276/edu.v2i1.121

Fitron, M., & Mu’arifin. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271.

Istiqomah, H., Suyadi, D., Magister PGMI, P., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Desember, 11(2), 155–168.

Juniantari, I. G. A. S. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 1–12.

Kareem, H. H., Dehham, S. H., & Al-Wahid, M. A. (2019). The impact of teaching the creative writing by FOCUS strategy to develop. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(6), 876–880. doi: 10.5958/0976-5506.2019.01390.1

Laely, K., & Subiyanto, S. (2020). Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak di Daerah Miskin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 923. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.466

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Prabowo, A., & Sulastri & Alimuddin. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 357–367.

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., Djoko Dwiyogo, W., & Artikel Abstrak, I. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 110–116.

Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 2021. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, (102501), 1–49.

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Permendikbud No. 64 Tahun 2013. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013. Kemdikbud., 1(2), 58–72.

Porwa Negara, I. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Sd Negeri Se-Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 236–239.

Pratiwi. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. EduTech, 2(1), 86–96.

Pujianto, D. (2022). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah kejuruan negeri se-kecamatan Argamakmur. 3(1), 86–97. doi: 10.33369/gymnastics

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Khairul, M., Jasmani, M. P., & Bengkulu, U. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional.

Restu Ilahi, B., Nur Sasongko, R., Kristiawan, M., Turnadi, T., Bengkulu, U., Bengkulu, K., … Lahat Sumatera Selatan, K. (2021). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Principal’s Perception Of The Performance Of Physical Education Teachers For Sports And Health Mgmp Smp In Bengkulu City. doi: 10.33369/jk.v5i2.16685

Rihatno, T., Wasan, A., Widyaningsih, H., & Nurani, S. (2019). Strengthening of character education through physical education in the secondary schools. 6(5), 222–226.

Saat, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17.

Sahriani, Palloan, P., & Azis, A. (2019). Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (ISPF), 15(2), 10–17.

Sidik, F. (2020). Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam AL-Ilmi, 3(2), 125–135.

Soenyoto, T. (2018). Journal of Physical Education and Sports The Implementation of Media in Teaching and Learning of Physical, Sport, and Health Education Subject. JPES, 7(1).

Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Taznidaturrohmah, Y. E., Pendidikan, S., Paud, G., Negeri, U., Alamat, M., Ageng, J. K., … Timur, M. J. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 20–26.

Wiguno, L. T. H., & Cahyo, B. N. (2021). Pemilihan Materi Pembelajaran PJOK oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Sederajat. Sport Science and Health, 3(7), 486–498. doi: 10.17977/um062v3i72021p486-498

Zaenudin Diharjo, M., Teguh Hari Wiguno, L., Pendidikan Jasmani, J., dan Rekreasi, K., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Pilihan Materi Pembelajaran Guru Pjok SMA dalam Memenuhi Tuntutan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Sport Science and Health |, 3(3), 98–106.

Zahari, Q. F., Prashanti, N. A. S., Salsabella, S., Jumiatmoko, J., Hafidah, R., & Nurjannah, N. E. (2022). Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini dengan Masalah Obesitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844–2851. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.1570

Downloads

Published

28-02-2023

Issue

Section

Articles