Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dan Sejawat Secara Online pada Materi Keterampilan Pukulan Lob Bulutangkis Mata Pelajaran PJOK di SMPN 21 Malang

Authors

  • Aji Samsudin Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang
  • Arief Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Oni Bagus Januarto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i22023p148-157

Keywords:

assessment instrument, movement skills, badminton, instrumen penilaian, keterampilan gerak, bulutangkis

Abstract

Abstract: During the covid-19 pandemic, in the activities of Physical Education (PE) teachers at SMPN 21 Malang doing online learning there were obstacles experienced by teachers, namely giving assignments in the form of making motion skills videos so that students only did video assignments without understanding the concept of movement and assessment. student learning outcomes will take a lot of time because the teacher assesses manually one by one. This study aims to develop self- and peer-assessment instruments in the aspect of movement skills of the badminton bounce material. This research is a development by adopting the model from Borg and Gall with the steps of needs analysis, planning, initial product development, expert validation test phase and product refinement. Collecting data in the form of interviews with 2 PJOK teachers for needs analysis and questionnaires on 2 validators for expert validation. By using qualitative analysis techniques through reduction, presentation, and conclusion. The results of the study prove that the product of the assessment instrument can show that it is feasible to use with a little revision.

Abstrak: Pada saat pandemi covid-19 dalam aktivitas guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di SMPN 21 Malang melakukan pembelajaran secara daring ada kendala yang dialami oleh guru yaitu memberikan penugasan berupa pembuatan video keterampilan gerak sehingga siswa hanya mengerjakan tugas video tanpa memahami konsep gerakan dan penilaian hasil belajar siswa akan memakan banyak waktu karena guru menilai secara manual dengan satu - persatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian diri dan sejawat dalam aspek keterampilan gerak materi pukulan melambung bulutangkis. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan mengadopsi model dari Borg dan Gall dengan langkah analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, tahap uji validasi ahli dan penyempurnaan produk. Pengumpulan data berupa wawancara pada 2 orang guru PJOK untuk analisis kebutuhan dan kuesioner pada 2 orang validator untuk validasi ahli. Dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan produk instrumen penilaian dapat menunjukkan layak digunakan dengan sedikit revisi.

References

Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 12, 483-491.

Aji, Bastaman Sasmito, and M. E Winarno. 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (7): 1449–63.

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Bafadal, M. F., & Triansyah, A. (2020). Formulir Google: Penilaian Alternatif Pendidikan Fisik Sebagai Covid-19, 6286(2), 48–57.

Basuki, I. (2012). Pengaruh Penilaian Sejawat Dalam Pembelajaran Menulis Terhadap Kualitas Karangan Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(1), 86–93.

Batubara, H. H., & Sari, D. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona, 29, 74–84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Borg, W. R., & Gall, M. 1989. Education Research: An Introduction (4th Edition). New York: Longman Publisher.

Cahyanto, A. R., Heynoek, F. P., & Fitriady, G. (2022). Analisis Penerapan Asesmen Berbasis Daring pada Mata Pelajaran PJOK pada Masa Pandemi, Sport Science and Health, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p65-74

Daradoumis, T., Manuel, J., Puig, M., Arguedas, M., & Calvet, L. (2019). Computers & Education Analyzing students ’perceptions to improve the design of an automated assessment tool in online distributed programming. Computers & Education, 128(May 2018), 159–170. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.021

Ernawati, L., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 205–210.

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA, 1, 123–134.

Fattah, A., & Kristiyandaru, A. (2021). Proses Penilaian Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Labang, 09.

Fitrah, M., & Ruslan. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima, 5(1), 178–187.

Fitriady, G., Sugiyanto, & Sugiarto, T. (2020). Penilaian Online Aspek Kognitif dalam Pendidikan Tinggi, 4(2), 25–30.

Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman, 1, 167–176.

Jahroh, N. N. (2018). Pengembangan Tes Tertulis Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Menggunakan Google Form Pada Materi Kewajiban Menuntut Ilmu Dan Haji Kelas X Sma Swadhipa Natar Skripsi.

Juniarta, A. T., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Semester Gasal, 1659–1664.

Kemdikbud. (2014). Pedoman Guru Mata Pelajaran PENJASORKES Untuk SMP dan MTs.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud : Pedoman, Tentang Belajar, Penyelenggaraan Masa, Rumah Dalam Penyebaran, Darurat. 35.

Kemdikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), (021).

Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama, 2(2), 114–118.

Magdalena, I., Prambandani, R. O., Emilia, S. R., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://doi.org/https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang, (1), 1364–1379.

Nahadi, Firman, H., & Khilda, K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja. 4(2), 111–118.

Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, 3(2), 101–110.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin, 1(1), 123–142. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Rifka, Z., Khaldun, I., & Ismayani, A. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Oleh Guru Kimia Di SMA Negeri Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Pendahuluan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol.2., 2(3), 248–255.

Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 147–157. https://media.neliti.com/media/publications/188254-ID-kendala-guru-dalam-menerapkan-penilaian.pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulistyorini, S., & Nurul, F. (2021). Media Teknologi Untuk Teaching Assessment : Live Worksheet Dan Gform Media Teknologi Untuk Teaching Assessment : Live Worksheet Dan Gform, (March), 1–39.

Weleschuk, A., Dyjur, P., & Kelly, P. (2019). Online Assessment in Higher Education. Taylor Institute for Teaching and Learning Guide Series. Taylor Institute for Teaching and Learning Guide Series, 1–36. http://taylorinstitute.ucalgary.ca/resources/guides

Winarno, M. . (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. In Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

28-02-2023

Issue

Section

Articles