Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Dengan Hasil Belajar PJOK Siswa SMP

Authors

  • Muhammad Sultan Salim Universitas Negeri Malang
  • Agus Tomi Universitas Negeri Malang
  • Zihan Novita Sari Universitas Negeri Malang
  • Hariyoko Hariyoko Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p1034-1039

Keywords:

learning motivation, football extracurricular, study result, motivasi belajar, ekstrakurikuler sepak bola, hasil belajar

Abstract

Abstract: This research aim to knowing and testing the correlation between students' learning motivation in extracurricular soccer activities with learning outcomes in the subjects of Physical Education, Sports and Health (PJOK). This research is a quantitative descriptive which is included in correlational research. The instrument used is a questionnaire of intrinsic motivation and extrinsic motivation with the results of the validity of 0.321 - 0.783 and reliability of 0.747. The data analysis method uses Product Moment correlation test analysis. The data analysis procedure requires prerequisite tests in the form of a data normality test and a regression line linearity test. Data analysis was carried out using the SPSS 25 application program. After completing the prerequisite test with normal distribution, the Pearson Correlation result was 0.713 which was greater than r table (0.349) which means that there is a positive relationship between the independent variable (X) and the dependent variable ( Y) with a strong correlation.

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menguji hubungan antara motivasi belajar siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Penelitian merupakan deskriptif kuantitatif yang termasuk dalam penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dengan hasil validitas 0,321 – 0,783 dan realibilitas sebesar 0,747. Metode analisis data menggunakan analisis uji korelasi Product Moment. Prosedur analisis data membutuhkan uji prasyarat berupa uji normalitas data dan uji linearitas garis regresi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program aplikasi SPSS 25. Setelah diselesaikan uji prasyarat yang berditribusi normal, maka didapatkan hasil Pearson Correlation sebesar 0.713 yang lebih besar daripada r table (0.349) yang bermakna bahwa ada hubungan positif antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) dengan hubungan korelasi kuat.

References

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://Doi.Org/10.30863/Didaktika.V12i2.185

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Blended Learning Analysis For Sports Schools In Indonesia. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 149–164. https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V14i12.15595

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In Cv. Pusdikra Mj.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

https://Doi.Org/10.20527/Multilateral.V16i1.3666

Kadir, A. (2016). Simulasi Arduino. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.

Komarudin, K., & Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Majora: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 56–66. https://Doi.Org/10.21831/Majora.V26i2.34589

Maksum. (2016). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sepak Bola Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9, 49–61.

Mardiana, A., Purwadi, & Satya, W. I. (2014). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Cetakan Ketiga Belas.

Pattimura. (2018). Peranan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sma Negeri 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(41), 105–114.

Pramesti, G. (2015). Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan Spss 22. Elex Media Komputindo. https://Doi.Org/10.20885/Unisia.Vol13.Iss17.Art13

Priyatno. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan Spss. 3(2), 162. Https://Doi.Org/10.30737/Jurmateks.V3i2.1054

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Ummpress.

Sadirman, A. M. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. 7(1), 1–11.

Yayan Inriyani, Wahjoedi, S. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Ips Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 955–962. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Downloads

Published

30-11-2022

Issue

Section

Articles