Hubungan Motivasi Memilih Mata Kuliah Ilmu Gizi Dengan Hasil Belajar Mahasiswa PJKR Universitas Negeri Malang

Authors

  • Feri Rahmat Firdaus Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
  • Moch. Yunus Universitas Negeri Malang
  • Tatok Sugiarto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p1021-1028

Keywords:

motivation to choose, nutrition science courses, learning outcomes, motivasi memilih, mata kuliah ilmu gizi, hasil belajar

Abstract

Abstract: Many factors are often used as benchmarks for educational success. One of them is to see the success of the lecture process in achieving its goals. Another factor that plays a very important role today is the motivation of students in order to prepare themselves to start learning and learning process activities. The purpose of this study is that there is a significant relationship between the Motivation to Choose a Nutrition Science Choice Course and the Learning Outcomes of the Nutrition Science Course in PJKR FIK UM Study Program Students. The research method used is a quantitative type method. Data collections techniques using questionnaires. The data were analyzed through a correlational analysis model through the SPSS 25 application. The research carried out resulted in significant figures through correlation testing with a value of 0.000 less than 0.05 which said that the hypothesis was accepted. So it can be concluded that there is a positive and linear relationship significantly between the motivation for choosing a choice of nutrition science courses and the achievement value of nutritional science learning outcomes in PJKR students class of 2019 FIK UM. The higher the motivation that students have in choosing nutrition science courses, it can increase the value of student learning achievement in these courses, so that motivation in choosing courses must be increased.

Abstrak: Pengukuran pendidikan yang sukses dapat dilihat dari berbagai aspek. Satu diantaranya yaitu dimana kegiatan pembelajaran mampu mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain itu aspek penting yang perlu diperhatikan yaitu dorongan atau dari diri terkait persiapan agar bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tujuan riset yang dilaksanakan yaitu melakukan analisis terdapat hubungan atau tidaknya antara motivasi Memilih Mata Kuliah Pilihan Ilmu Gizi dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Ilmu Gizi pada Mahasiswa Program Studi PJKR FIK UM. Riset dilakukan dengan metode riset jenis kuantitatif. Dalam perolehan data digunakan penyebaran angket. Data dianalisis melalui model analisis korelasional melalui aplikasi SPSS 25. Riset yang dilakukan menghasilkan angka signifikan melalui pengujian korelasi bernilai 0.000 kurang dari α 0.05 yang mengatakan bahwa hipotesis diterima. Sehingga diperoleh pernyataan terjadi suatu hubungan positif serta linear signifikan variabel motivasi memilih mata kuliah pilihan ilmu gizi dengan nilai prestasi hasil belajar ilmu gizi pada mahasiswa PJKR angkatan 2019 FIK UM. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki mahasiswa dalam memilih mata kuliah ilmu gizi maka dapat meningkatkan nilai prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah tersebut, sehingga motivasi dalam memilih mata kuliah harus ditingkatkan.

References

Arifin. 2018. Upaya Diri Menjadi Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Aulia, E. A. 2021. “Analisis Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemuaian.” Jurnal Ilmu Kependidikan 10(1):27–37,.

Budi Ariawan, I. Putu. 2019. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 3(2):103. doi: 10.23887/jpk.v3i2.21242.

Damis and Muhajis. 2019. “Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 2(2):216. doi: 10.24252/idaarah.v2i2.7005.

Khotimah, Nur, Citra Utami, and Nindy Citroresmi Prihatiningtyas. 2018. “Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 3(1):15. doi: 10.26737/jpmi.v3i1.457.

Misbahudin. 2017. “The Effect of Learning Motivation and Parent‘s Guidance on Science Results in Class V Sdn Dewi Sartika Cipanas District Cianjur Regency.” Jurnal Pendidikan 18(1):16–24.

Muhammad, Bahrul, Ulum. 2021. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pjok Saat Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Lamongan.” Jurnal Prestasi Olahraga 4:111–15.

Nasrah, and A. Muafiah Nur. 2021. “Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPA Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 04(1):8–16.

Oktaviantoro, Rio Intan, and Kurniana Bektiningsih. 2017. “Hubungan Motivasi Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Kelas V.” Joyful Learning Journal 6(4):249–54.

Palittin, Ivylentine Datu, Wilhelmus Wolo, and Ratna Purwanty. 2019. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika.” MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 6(2):101–9. doi: 10.35724/magistra.v6i2.1801.

Sari, Rachmawati Indah Permata. 2014. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV Di SDN 11 Petang Jakarta Timur.” Pedagogik II(1):26–32.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Taurina, Zane. 2015. “Students Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System.” International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE) 5(4):2625–30.

Warti, Erlis. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):177–85. doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.273.

Yulianti, Prima, and Mellyna Eka Yan Fitri. 2016. “Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar Dan Lingkungan Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Padang.” UNES Journal of Social And Economics Research 1(2):028. doi: 10.31933/ujser.1.2.028-044.2016.

Yuliawan. n.d. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Surakarta: UMS.

Zamsir, La Masi, and Padmi Fajrin. 2015. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa.” Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):1–12.

Downloads

Published

30-11-2022

Issue

Section

Articles