Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Ilmu Gizi Berbasis Mobile Learning Pada Mahasiswa Untuk Pembelajaran Daring

Authors

  • Muchammad Fahmi Aji Purwanto Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
  • Agung Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i102022p935-942

Keywords:

online learning, teaching materials, mobile learning, pembelajaran daring, bahan ajar

Abstract

Abstract: The government issued a mass announcement that face-to-face learning activities were stopped globally due to the Covid-19 pandemic, so that teaching and learning activities in all universities are currently implementing online or online learning. The purpose of this research is to develop teaching materials for Mobile Learning-based nutrition science courses for students of the Health and Recreation Physical Education Study Program for online learning. The ADDIE model referring to dick and carey is used in the research and development of learning materials. The development of learning materials has succeeded in creating a Mobile Learning application for nutrition science courses that are taught to students enrolled in the Health and Recreation Physical Education Study Program. The results of material expert validation were 97 percent, the learning expert validation results were 91 percent, and the media expert validation results were 97 percent. The assessment of small group trials, the overall got a percentage of 86 percent, while in the large group it was 97 percent.

Abstrak: Pemerintah mengeluarkan pengumuman secara massal bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan secara global sebab adanya pandemi Covid-19, Sehingga aktivitas belajar-mengajar di semua perguruan tinggi saat ini menerapkan pembelajaran secara online atau daring. Tujuan peneltian ini untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah ilmu gizi berbasis Mobile Learning bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi untuk pembelajaran daring. Model ADDIE yang merujuk dari Dick dan Carey digunakan dalam penelitian dan pengembangan materi pembelajaran. Pengembangan materi pembelajaran berhasil membuat aplikasi Mobile Learning untuk mata kuliah ilmu gizi yang diajarkan kepada mahasiswa yang terdaftar di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Hasil dari validasi ahli materi sebesar 97 persen, Hasil validasi ahli pembelajaran 91 persen, dan hasil validasi ahli media sebesar 97 persen. Penilaian uji coba kelompok kecil, keseluruhan mendapatkan persentase 86  persen, sedangkan pada kelompok besar 97  persen.

References

Adnyana, I. Gusti Made, and Wardan Suyanto. 2013. “Penggunaan EFI Scanner Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(2):192–209. doi: 10.21831/jpv.v3i2.1601.

Alhafidz, M. Rifqi Lutfi, and Agung Haryono. 2018. “PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 11(2):137–47.

Ary Sandy, Gilang, and Sulistyahadi Sulistyahadi. 2020. “Penggunaan Smartphone Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Dasar.” Saintifik 6(1):22–30. doi: 10.31605/saintifik.v6i1.237.

Daryanto, and Syaiful Karim. 2016. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Gilang K, R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Banyumas, Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Indahin, Renny Setya, Sulton, and Arafah Husna. 2018. “Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Smk.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1(2):141–48.

KebudayaanKementrian Pendidikan Dan Kebuadyaan. 2020. “Peraturan Pendidikan Nasional.”

Marta Wijayanti, Dian, Farid Ahmadi, and Sarwi. 2019. Mobile Learning Media Bermuatan ETHNOSCIENCE. Semarang: Pilar Nusantara.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nana. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Klaten, Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Ningsih, Sulia, and Anita Adesti. 2019. “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja.” Edcomtech (2):163–72.

Pohan, Albert Efendi. 2020. KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Purwodadi-Grobogan, Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Rahmat, Riki Fajri, Lativa Mursyida, Fahmi Rizal, Krismadinata Krismadinata, and Yuliawati Yunus. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6(2):116–26. doi: 10.21831/jitp.v6i2.27414.

Rusman, Deni Kurniawan, and Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawati, Nopita, Ika Kartika, and Joko Purwanto. 2016. “Pengembangan Mobile Learning Berbasis MOODLE Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisikia.” 121–29.

Suardi, Mohammad. 2017. Belajara Dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&d). Bandung: Alfabeta.

Surahman, Ence, and Herman Dwi Surjono. 2017. “Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4(1):26. doi: 10.21831/jitp.v4i1.9723.

Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Widhoasih, Dian. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 3 Surabaya.” It-Edu 1(02):58–64.

Downloads

Published

30-10-2022

Issue

Section

Articles