Retracted: Pengembangan Latihan Imagery Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Atlet Renang Usia Remaja di Garuda Aquatic Swimming Club Kabupaten Kediri

Authors

  • Nadya Putri Sabilla Universitas Negeri Malang
  • Kurniati Rahayuni Universitas Negeri Malang
  • Yulingga Nanda Hanief Universitas Negeri Malang
  • Supriatna Supriatna Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i92022p870-880

Keywords:

swimming, imagery training, self-confidence, renang, latihan imagery, kepercayaan diri

Abstract

This paper has been withdrawn at the request of the author and has been retracted.

References

Abdillah, Simanjuntak, V. G., & Triansyah, A. (2019). Pengaruh metode latihan imagery terhadap ketepatan sepak mula dalam permainan sepak takraw. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 1–9.

Adisasmito. (2007). Hubungan antara goal-setting dan motivasi berprestasi dengan prestasi atlet renang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10947

Akbar, M. F., Priambodo, A., & Jannah, M. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket Sman 1 Menganti Gresik. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i2.445

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. 36(1), 9–34.

Akbar, S. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan.

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. 208–216.

Firmansyah, H. (2011). Perbedaan Pengaruh Latihan Imagery Dan Tanpa Latihan Imagery Terhadap Keterampilan Senam Dan Kepercayaan Diri Atlet. 7, 1–10.

Fitria, F. (2018). Pengaruh Latihan Imagery dan Self-Talk Terhadap Konsentrasi dan Ketepatan Tusukan Dalam Permainan Anggar. Jendela Olahraga, 3(2), 19–25. https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2429

Hidayat, Y. (2011). The Effect of Goal Setting and Mental Imagery Intervention on Badminton Learning Achievement Motor Skill at 10-12 Years Old: The Context of Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 3(2), 2011. https://www.journals.mindamas.com/index.php/educare/article/view/233

Kostovski, Z., & Saiti, B. (2014). Comparisons of the motor dimensions in multivariate space , with young athletes and nonathletic treated with eurofit tests. June.

Linggar, M., Prasetya, E., & Rahayuni, K. (2021). Pengembangan latihan imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri pada atlet pencak silat kategori tanding di Padepokan Aji Soko Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2), 150–164.

MacIntyre, T. E., Jones, M., Brewer, B. W., Raalte, J. Van, O’Shea, D., & McCarthy, P. J. (2017). Editorial: Mental health challenges in elite sport: Balancing risk with Reward. Frontiers in Psychology, 8(OCT), 25–28. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01892

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). (Podcast Sebagai Media) Mayangsari; Tiara Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126–135.

Petitpas, A. J., Giges, B., & Danish, S. J. (2019). “Sport Psychologist–Athlete Relationship: Implications for Training. The Sport Psychologist, 13(3), 344–357.” Sport psychologist–athlete relationship: Implications for training. The Sport Psychologist, 13(3), 344–357. 3(2), 98–104.

Phillips, B. (2017). Student-Produced Podcasts in Language Learning – Exploring Student Perceptions of Podcast Activities. IAFOR Journal of Education, 5(3), 157–171. https://doi.org/10.22492/ije.5.3.08

Pityn, M., Bohuslavska, V., Khimenes, K., Neroda, N., & Edeliev, O. (2019). Paradigm of theoretical preparation in sports. Journal of Physical Education and Sport, 19(6), 2246–2251. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s6338

Pluhar, E., McCracken, C., Griffith, K. L., Christino, M. A., Sugimoto, D., & Meehan, W. P. (2019). Team sport athletes may be less likely to suffer anxiety or depression than individual sport athletes. Journal of Sports Science and Medicine, 18(3), 490–496.

Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.

Rahayuni, K. (2021). Kesehatan Mental Atlet Indonesia saat Pandemi COVID-19: Tantangan, Rekomendasi dan Peluang Riset. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ramadan, G., & Ayu Ningrum, D. (2018). PENGARUH KEMAMPUAN MOTORIK, IMAGERY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LAY-UP SHOOT. 3(1), 0–6.

Riski, M. A. I., & Sugiyanto, S. (2021). Penerapan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Hasil Latihan Teknik Dasar Dollyo Chagi pada Peserta Ekstrakurikuler Taekwondo di SMA. Sport Science and Health, 3(10), 761–768. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p761-768

Rosell-Aguilar, F. (2013). Podcasting for language learning through itunes u: The learner’s view. Language Learning and Technology, 17(3), 74–93.

Rudiansyah, E., Soekardi, & Hidayat, T. (2017). Pembinaan Olahraga Prestasi Unggulan di Kabupaten Melawi Kalimatan Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 4(1), 1–14.

Rusdiana, Y., & Khaliq, A. (2017). STUDI KASUS MINAT SISWA MTs HADIL ISHLAH BILEBANTE TERHADAP OLAHRAGA RENANG. 3(1), 13–14.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition andDomains of the Field. Washington: AECT. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Sufriyanto, A., & Putra, Y. Y. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Mental Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci. Universitas Negeri Padang, 0, 1–12.

Sukadiyanto. (2011). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.

Sukar, N., Priambodo, A., & Nurkholis, N. (2019). Pengaruh Latihan Imagery dan Self Talk Terhadap Percaya Diri dan Konsentrasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP N 51 Surabaya. Jendela Olahraga, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.2991

UU RI No. 3. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2005 TENTANG SISTEM KEOLAHRAGAAN NASIONAL. http://buk.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Undang-Undang-No-3-Tahun-2005.pdf

Williams, S. E., Cooley, S. J., Newell, E., Weibull, F., & Cumming, J. (2013). Seeing the difference: Developing effective imagery scripts for athletes. Journal of Sport Psychology in Action, 4(2), 109–121. https://doi.org/10.1080/21520704.2013.781560

Downloads

Published

30-09-2022

Issue

Section

Articles