Pembelajaran Daring PJOK di MTsN 2 Kota Malang

Authors

  • Hafidh Praga Armidianta Universitas Negeri Malang
  • Mashuri Eko Winarno Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i92022p788-797

Keywords:

online learning, physical education, pembelajaran daring, pendidikan jasmani

Abstract

Abstract: The formulation of the research problem is whether students at MTsN 2 Malang City are able to implement the PJOK learning model through online. This research is a quantitative descriptive study using a survey method, with a total sample of 98 students at MTsN 2 Malang City. The instrument used is in the form of a questionnaire or questionnaire that has been validated by the supervisor. Analysis of research data using descriptive statistical analysis method. The research results show that (1) the readiness of the institution 79 percent, good category. (2) organizational dimensions 78 percent, good category. (3) learning materials 80 percent, good category. The average number that gets a percentage value is 79 percent and if it is classified it is in the good category. The conclusion is that the implementation PJOK learning model at MTsN 2 Malang City through online learning has implemented learning that can help students and students in teaching and learning activities for PJOK learning well.

Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah siswa di MTsN 2 Kota Malang mampu melaksanakan model pembelajaran PJOK melalui daring. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei, dengan jumlah sampel sebanyak 98 siswa di MTsN 2 Kota Malang. Instrumen yang digunakan berbentuk angket atau kuesioner yang telah divalidasi oleh pembimbing. Analisis data penelitian menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil riset memaparkan bahwa (1) kesiapan lembaga sebesar 79 persen, dalam kategori baik. (2) dimensi organisasi 78 persen, dalam kategori baik. (3) materi pembelajaran sebesar 80 persen, dalam kategori baik. Jumlah rata-rata dari keseluruhan riset didapatkan nilai persentase sebesar 79 persen dan jika diklasifikasikan maka termasuk dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJOK di MTsN 2 Kota Malang melalui pembelajaran daring telah menerapkan pembelajaran yang dapat membantu para siswa dan siswi dalam kegiatan belajar mengajar pembelajaran PJOK dengan baik.

References

Arifaen A, Harwanto, K. H. (2020). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 12–18.

Budiwanto, S. (2017). Metodologi Penelitian Dalam Keolahragaan. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Malang.

Dewanti, A. K. (2020). Antisipasi Wabah Virus Corona. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ettania, A., & Sulaiman. (2020). Proses Pembelajaran Penjasorkes dalam Situasi Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Paguyangan. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), pp.568-573.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170

Hidasari, F. P., Haetami, M., & Daring, P. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Kesehatan. 225–231.

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Abad 21. Jurnal Olahraga, 1(1), 21–27.

Ketut, I Suparya, W. P. A. . (2019). Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan Profesionalisme Guru. 2.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature.

Kusuma, R. A., & Winarno, M. E. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.17977/um040v2i2p135-141

Lani Ahmad,Hakim A.A, Yulianti, T. M. . (2021). Akselerasi Berpikir Ekstra Ordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19 (A. Lani (ed.); 1st ed.). Akademia Pustaka.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Mata Kuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health.

Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585

Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional …, 108–125. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/1139

pengelola web Kemdikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. In Jakarta, 28 Mei 2020.

Pohan, A.E. (2020).Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. SARNU UNTUNG

Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769

Prawiro, D. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepahiang Analysis of the Application of Online Learning Media during the Covid-19 Pandemic in the Class XI Student Health Or. 2(1), 48–59. https://doi.org/10.33369/gymnastics

Rochman, B., Indahwati, N., & ... (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah …, 6(1), 257–265. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1343

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/viewFile/84/88

Septian Raibowo, & Yahya Eko Nopiyanto. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Shabrina, F., Studi, P., Agama, P., Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2020). Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Al-Islam Di Smp Muhammadiyah 2 Surakarta Pada Kondisi Covid-19.

Sobron A. N, Bayu, Rani & Meidawati S. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, Semalam 1-5

Suharsono, A., Diklat, B., & Yogyakarta, K. (2020). Pembelajaran Daring Latsar Cpns From Home Dalam Masa Pandemi Covid-19. 5(1).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syahida, I. (2020). Analisa Sikap Guru Penjas Terhadap Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring di Pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan model distance learning dan menggagas collaborative approach dengan orang tua siswa melalui lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. 53–57.

Tiessen, R. (2018). Improving Student Reflection in Experiential Learning Reports in Post-Secondary Institutions. Journal of Education and Learning. https://doi.org/10.5539/jel.v7n3p1

Vuadi, Z. (2018). Survei Tingkat Pengetahuan Siswa Terhadap Manfaat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smp Negeri 2 Unggul Masjid Raya Aceh Besar. Undergraduate Thesis, STKIP Bina Bangsa Getsempena. https://repository.stkipgetsempena.ac.id/handle/782

Widodo, A. (2018, December 1). Makna dan peran pendidikan jasmani dalam pembentukan insan yang melek jasmaniah/ter-literasi jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53-60. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432

Downloads

Published

30-09-2022

Issue

Section

Articles