Survei Minat Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Authors

  • Ramlah Ramlah Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p320-326

Keywords:

minat, pelajaran, pendidikan jasmani olahraga

Abstract

Minat merupakan daya tarik seseorang terhadap suatu objek sehingga mampu mengubah keinginannya, namun minat juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui minat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode yang digunakan penelitian adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner lalu dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aktivitas dinyatakan tinggi, ketertarikan dalam kategori sedang, dan untuk perhatian dinyatakan tinggi, sarana dan prasarana tinggi, dan guru dinyatakan tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah minat siswa mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang dikategorikan tinggi dan sedang.

References

Andriyanto, T. (2013). Survei Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Satuan Pendidikan SD, SMP, SMA Negeri Se-Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 65.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Darmawati, D., Rahayu, T., & R.C, A. R. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17359

Gujarat, S. K. P. (2020). Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada SMK Negeri 6 Makassar

Gunawan. (2019). Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada SMA Negeri 22 Gowa. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Gunawan, F. (2018). Senarai penelitian pendidikan, hukum, dan ekonomi di sulawesi tenggara (cetakan pe; Gunawan & Hastuti, eds.). Sleman: Deepublish.

Indrawati, F. (2019). Analisis Tingkat Berpikir Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Mata Kuliah Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 56–66. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.27

Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Nurhasanah, S., & Sobandi. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 130. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Rauf, A. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Negeri Makassar.

Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi pembentukan karakter dan kedisiplinan siswa sekolah dasar melalui pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(April), 1–17.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V1I2.1323

Supriatna, E., Wahyupurnomo, A., Tanjungpura, U., Prof, J., Nawawi, H. H., & Tenggara, P. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 66–71.

Wijaya, F. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Di SMA Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(2), 232–235.

Winarno, M. E. S. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Semester Gasal. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1659–1664.

Downloads

Published

06-06-2021

Issue

Section

Articles