Survei Nilai Rata Rata Rapor PJOK SMA/SMK dan Prestasi Belajar Praktik Semester I dan II Mahasiswa Prodi PJKR-FIK-UM Angkatan 2019

Authors

  • Zhulkha Zhul Fiqkha Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i72022p623-635

Keywords:

average value, learning achievement of practical courses in semester I, learning achievement in practical courses in semester II, nilai rata rata rapor, prestasi belajar mata kuliah praktik semester I, prestasi belajar mata kuliah praktik semester II

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to examine information about the average picture of the senior high school  physical education report cards and student achievement in semester I and II batch 2019 of the FIK-UM PJKR study program. This study uses a quantitative descriptive design in the from of a survey. This type of quantitative descriptive researchuses non tes instrument and data collection uses documentation techniques with a population of 83 students. The data analysis technique used is data analysis in the from of central tendency and variability. The results of data analysis in the from of central tendency and variables obtained from the result of data analysis are the average value of the physical education report cards of senior high school  students in the PJKR FIK-UM study program (39 percent) quite good, learning achievement in semester I (37 percent) good, achievement study semester II (55 percent) is good, the resuts of this study can be said that the average score of report is dominantly good,  and learning achivement in the semester I and II is dominantly good. Furthermore, this research is expected to be the main consideration for PJKR how to select prospoctive new students, as well as motivation to determine the level of skills in students.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji informasi tentang gambaran nilai rata-rata rapor PJOK SMA/SMK dan prestasi belajar semester I, dan II mahasiswa angkatan 2019 prodi PJKR FIK-UM. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif bentuk survey. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen non tes dan pengumpulan data mengunakan teknik dokumentasi dengan jumlah populasi 83 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif bentuk tendensi sentral dan variabilita. Hasil analisis data diperoleh nilai rata rata rapor PJOK SMA/SMK mahasiswa prodi PJKR FIK-UM dominan cukup baik, prestasi belajar semester I  dominan baik, prestasi belajar semester II (55 persen) dominan baik. Simpulan hasil penelitian bahwa rata rata nilai rapor dominan cukup baik, prestasi belajar semester I dan II dominan katagori baik.

References

Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui MEediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 121576. doi: 10.21831/jpk.v0i2.2180

Amirul, R., & Nurrochmah, S. (2021). Prestasi Belajar Matakuliah Teori antara Semester Gasal dan Genap. 3(8), 556–566. doi: 10.17977/um062v3i82021p556-566

Arhesa. (2017). Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Baru Prodi PJKR UNMA. Educatio FKIP UNMA, 3(2), 60–65. doi: e-ISSN: 2548-6756

Bayu. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendididkan Anak, 4.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Giriwijoyo, S., & Sidik, D. Z. (2012). Ilmu Faal Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. 5(1).

Irawan, H., & Nurrochmah, S. (2021). Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 antara Semester Genap Tahun 2018 / 2019 dan 2019 / 2020. 3(6), 350–358. doi: 10.17977/um062v3i62021p350-358

Kemendikbud RI. Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19). , No 15 Tahun 2020 § (2020).

Kemendikbud RI. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 04. , Pub. L. No. 04 (2020).

kiram. (2019). Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Prenadamedia group.

Kunaefy, M. A. (2019). Pandangan Behavioristik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. 1–16.

Lukmanulhakim. (2015). Nilai Rapor Sekolah Menengah Dan Hubungannya Dengan Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 4(1), 2.

Nahar. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1).

Putra, M. B., & Putri, N. G. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Di Sekolah Menengah Kejuruan DCI Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika, 5(1), 1.

Rahyubi. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Belajar Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rahyubi, H. (2017). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelaaran Motorik. Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Nusa Media.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, S. A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kediri: CV Dhaha Pustaka.

Sjukur. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 1.

Suherman, A. (2014). Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 71–76.

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas (M. N. Alif, ed.). Sumedang: Sumedang: UPI Sumedang Press.

Suherman, W. S., Winarni, S., Rithaudin, A., & Pambudi, A. F. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani Dari Teori Hingga Evaluasi Kurikulum. Yogyakarta: Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. doi: 10.32585/jkp.v2i2.114

Syaiful, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Thaib. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari, 13(2), 384–399.

Thobroni, M. & Mustofa, A. (2015). Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiarto. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jasmani. Yogyakarta: Laksita.

Wibisno. (2018). Implementasi pembelajaran kooperatif tipe team games tournament untuk menigkatkan minat dan prestasi belajar kompetensi dasar atletik. 10, 90–105.

Yatimah, D. (2017). Landasan Pendidikan. Jakarta: CV Alumgadan Mandiri.

Downloads

Published

30-07-2022

Issue

Section

Articles