Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Siswa Putri Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p235-253Keywords:
gerak dasar, lokomotor, nonlokomotor, manipulatifAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi keterampilan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif siswa MTs Negeri 1 Kota Malang. Menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian 88 siswa putri. Hasil: (1) kondisi keterampilan gerak lokomotor unsur lari dominan (baik 35 persen), loncat (kurang baik 35 persen), lompat (kurang baik 36 persen). (2) Nonlokomotor back up punggung(cukup 40 persen), back up kaki (kurang baik 36 persen). (3) Manipulatif lempar tangkap (cukup 33 persen) chest pass (kurang baik 44 persen). simpulan hasil analisis data keterampilan gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif pada siswa putri kelas VII MTs Negeri Malang tergolong belum baik.
References
Amien, M. 1996. Perkembangan Intelektual Siwa-siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 279-292.
Bailey, R., Wellard, I., Dismore, & H. (2005). Girls’ Participation in Physical Activities and Sports: Benefits, Patterns, Influences and Ways Forward. Centre for Physical Education and Sport Research. Canterbury Christ Church University College, U.K. for the World Health Organisation (WHO).
Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press
Fritz, S. (2013). Sport and Exercise Massage Comprehensive Care in Athletics, Fitness And Rehabitation. China: Elsevier.
Gallahue, D. L & Donelly, F. C. (2003). Developmental Physical Education for All Childeren. China: Library of Congress Cataloging-In-Publication Data.
Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama.
Gilang. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA. Jakarta: Ganeca Exact.
Hanief, Y. N. & Sugito (2015). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. JOURNAL OF SPORTIF, 1(1), 60-73.
Hidayat, A. (2017). Peningkatan aktivitas gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif menggunakan model permainan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21-29.
Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Iivonen, S., & Sääkslahti, A. K. (2014). Preschool children's fundamental motor skills: a review of significant determinants. Early Child Development and Care, 184(7), 1107-1126.
Lantai, G. P. (2014). Jurnal Olahraga dan Pendidikan. Jakarta: Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga.
Mu’arifin. (2009). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: UM Press.
Prakoso, B. B., Saifuddin, H., & Burstiando, R. (2013). Keterampilan Gerak Dasar Siswa Kelas atas MI Miftahul Ulum 3 Pereng Kulon Gresik. In Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Penjasorkes Pada Kurikulum.
Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan Modifikasi untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 38-50.
Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Magelang: Nusa Media.
Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Rusman, Kurniawan, D & Riayana, C. (2012). Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada
Rusman. (2017). Belajar dan Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Soemarjadi, M. R., & Zahri, W. (1991). Pendidikan Keterampilan. Depdikbud, Jakarta.
Suardi. M. (2018). Belajar dan Pemebalajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Subroto. 2017. Modul Pelatihan Pelatih Fisik Olahraga Level 1. Jakarta: Koni Pusat.
Subroto. 2017. Modul Penataran Pelatih Olahraga Tingkat Pemula. Jakarta: Koni Pusat
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Thobroni, M. & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pemebelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pemebelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Upton. (2012). Seri Belajar Cepat Psikologi: Psikologi Perkembangan Edisi Ke-1. Diterjemahkan oleh: Noermalasari Fajar Widuri. Jakarta: Erlangga.
Wulan, D. S. A. (2015). Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi (Penelitian Tindakan di TK B Jihan Ulfani Kecamatan Medan Marelan Tahun 2014/2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini.
Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Widodo, Z. D. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif melalui Pendekatan Bermain pada Anak Tunagrahita Kelas 7 SMPLB YPAC Surakarta.
Wijaya, H., & Helaluddin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter.
Yudrik. & Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.