Survei Tingkat Pelaksanaan Pembelajaran Daring PJOK

Authors

  • Bakhtiar Aji Kharisma Universitas Negeri Malang
  • Hariyoko Hariyoko Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i62022p508-517

Keywords:

implementation, pjok learning, online, pelaksanaan, pembelajaran pjok, daring

Abstract

Abstract: The research was conducted with the aim of knowing and assessing the level of implementation of PJOK online learning in SMP Laboratory, State University of Malang. The research instrument in the form of a questionnaire presented in google form. This research design used descriptive quantitative survey method. The data obtained in this study is from the implementation level data given to the respondents. The results of data processing and analysis that have been carried out in this study, it can be concluded that the level of implementation of PJOK online learning in SMP Laboratory, State University of Malang is on average in the good category. The findings of this study can be used as a reference for further research to further explore the same research with the most dominant findings, then can be used as input for SMP Laboratory State University of Malang to further develop effective learning methods.

Abstrak: Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui dan mengkaji tingkat pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang disajikan dalam google form.rancangan penelitian ini yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan dari data tingkat pelaksanaan yang diberikan kepada responden. Hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang rata-rata dalam kategori baik. Temuan penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya untuk lebih mendalami penelitian yang sama dengan hasil temuan yang paling dominan, selanjutnya bisa menjadi masukan bagi SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang untuk lebih mengembangkan metode pembelajaran yang efektif.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Anam, mohammad syamsul. (2013). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Blended Learning. Human Immunology, 74, 96. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2013.08.139

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dewi, W. C. (2019). Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 300. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.4908

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March.

Fajar, M., Mattalatta, & Natsir, M. (2020). Pengaruh Manajemen Waktu, Motivasi Mengajar, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Professional Guru di Yayasan Pendidikan Tamalatea Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 3(1), 111–122.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 02(01), 74–84.

Gusril, & Rasyid, W. (2018). Peran Modifikasi Olahraga Terhadap Kopetensi Guru Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Sporta Saintika, 53(9), 1689–1699.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & ... (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19. … Nasional Penelitian LPPM …, 1–5.

Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Indonesia, K. P. D. K. R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-19). 4–6.

Jaya, K., Heynoek, F., & Fitriady, G. (2022). Strategi Pembelajaran Online Mata Melajaran PJOK di SMK pada Masa Pandemi Covid-19. Sport Science and Health, 4(1), 75–82. https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p75-82

Komarudin. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. 26(2), 56–66.

Kusumaningtyas, R. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106

Maulana, A. V., & Winarno, M. E. (2021). Pembelajaran PJOK Online Siswa Kelas IX SMPN 3 Malang Semester Gasal 2020/2021. Sport Science and Health, 3(8), 622–629. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p622-629

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pakpahan, R. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pnademi Virus Corona Covid-19. 4(2), 30–36.

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464

Sidabutar, R. (2020). Survey Kualitas Pembelajaran di Masa Study From Home. Sepren, 2(1), 24–29.

Siti, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik. PT Indeks.

Supadi. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. UNJ Press.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Rajawali Pers.

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wahyudi, D., & Sari, A. (2016). Penggunaan media, variasi, dan umpan balik dalam proses pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa dedi wahyudi. jurnal educative: Journal of Educational Studies, 1(2), 86–95.

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, dan Olahraga. Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).

Downloads

Published

28-06-2022

Issue

Section

Articles