Aplikasi Kodular Materi Bola Basket Untuk Guru PJOK SMP

Authors

  • Yusuf Ferdiansyah Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang
  • Usman Wahyudi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i62022p484-494

Keywords:

physical education, learning, kodular, basketball, pendidikan jasmani, pembelajaran, bola basket

Abstract

Abstract: Junior High School students require innovative learning, especially physical education basketball materials. The purpose of this research and development is to produce learning media of basketball materials based on kodular website and help teachers to explain basketball materials, and help students to better understand and practice basketball materials. The method used is the Research and Development method by using eight methods adjusted to the research needs. The Data collection method is carried out in ways of online observation and spreading the inquiries. Participants are physical education teachers in Malang Regency. The Data analysis method uses qualitative descriptive. The results showed 93,1 percent of teachers gave basketball materials, 74,1 percent of teachers never developed app-based learning media, 98,3 percent of teachers need learning media development products of basketball materials. The test results received 94,25 percent for small groups and 88,38 percent for large groups, so that development products are worth using as physical education learning media for Junior High School in Malang Regency.

Abstrak: Siswa SMP memerlukan pembelajaran yang inovatif, khususnya pada mata pelajaran PJOK materi bola basket. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yakni menciptakan media pembelajaran materi bola basket berbasis aplikasi website kodular dan dapat menolong guru menyampaikan pelajaran materi bola basket, serta mendukung siswa untuk lebih mengerti dan mempraktikkan pelajaran materi bola basket. Metode yang dipakai yakni metode Research and Development dengan menggunakan delapan metode penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi online dan menyebarkan angket. Partisipan adalah guru PJOK SMP di Kabupaten Malang. Metode analisis data memakai deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan 93,1 persen guru memberikan materi bola basket, 74,1 persen guru tidak pernah mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi, 98,3 persen guru membutuhkan produk pengembangan media pembelajaran materi bola basket. Hasil uji coba memperoleh hasil 94,25 persen untuk kelompok kecil dan 88,38 persen untuk kelompok besar, sehingga produk pengembangan layak digunakan untuk media pembelajaran PJOK SMP di Kabupaten Malang.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261–267.

Brilian, C., Heynoek, F., & Fitriady, G. (2022). Pengembangan Modifikasi Permainan Lay Up dalam Pembelajaran Bola Basket untuk Kelas VIII SMP Negeri 5 Lamongan. Sport Science and Health, 4(2), 175–183. https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p175-183

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 1–10.

Fatahillah, A. (2018). Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 11–20. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.131

Fatmawati, D., Nurrochmah, S., & Heynoek, F. P. (2022). Pengaruh Latihan Dribble Zig-Zag terhadap Peningkatan Keterampilan Dribble Bola Basket Bagi Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket SMA. Sport Science and Health, 2(11), 521–533. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p521-533

Fatoni, N., Supriyadi, S., & Widiawati, P. (2022). Pengembangan Materi Bola Basket Tahap Fundamental Pada Klub Hutama Manggala Basketball Yang Dikemas Dalam E-Modul. Sport Science and Health, 4(2), 103–111. https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p103-111

Fhadila, K. D. (2017). Menyikapi perubahan perilaku remaja. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 17–23. Retrieved from https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/220

Hendri, G. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman. Jurnal Patriot, 2, 171–181. Retrieved from http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/view/533

Ishaq, I. M., Januarto, O. B., & Kurniawan, A. W. (2022). Meningkatkan Teknik Dasar Shooting Free Throw Bolabasket Melalui Metode Drill Variasi Latihan Wall Shooting pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Putra SMP. Sport Science and Health, 2(12), 592–598. https://doi.org/10.17977/um062v2i122020p592-598

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani ,. 235–241.

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Najri, P., & Jambi, P. (2020). MGMP Dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. 10(Juni), 130–144.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pangestu, Y. S., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun untuk Teorema Pythagoras SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 113–125. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.177

Prasetyo, D. W., & Sukarmin, Y. (2017). Developing Game Models for Basketball Basic Technique. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 12–23.

Prayogo, S. S., Permadi, Y., & Kusuma, T. M. (2020). Rancang Bangun Agrobot-Ii: Robot Edukasi Penanam Benih Tanaman Padi Dengan Kendali Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(2), 89–101. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i2.2676

Rozak, D. A., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Basket Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 142–153. https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p142-153

Rubiana, I. (2017). Pengaruh pembelajaran shooting (free throw) dengan alat bantu rentangan tali terhadap hasil shooting (free throw) dalam permainan bola basket. Jurnal Siliwangi, 3(2), 248–257.

Sadewa, A. B., & Nurrochmah, S. (2022). Survei Kondisi Fisik Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(6), 323–330. https://doi.org/10.17977/um062v2i62020p323-330

Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK …, 12–16. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585

Setia, D. Y., & Winarno, M. E. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Tim Bola Basket. Sport Science and Health, 3(3), 107–116. https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p107-116

Setiawan, R. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31326/sistek.v2i2.729

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55.

Wijaya, R. F., Utomo, R. B., Niska, D. Y., & Khairul, K. (2019). Aplikasi Petani Pintar Dalam Monitoring Dan Pembelajaran Budidaya Padi Berbasis Android. Rang Teknik Journal, 2(1), 123–126. https://doi.org/10.31869/rtj.v2i1.1093

Downloads

Published

28-06-2022

Issue

Section

Articles