Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Authors

  • Mia Wirda Ardilla Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p192-205

Abstract

Abstract: Research product development aims to develop physical fitness learning tools based on the articulate storyline application for the KKG PJOK SD in Purwosari District, Pasuruan Regency. This study uses the Research and Development (R&D) method or development research. The subjects for the small group trial involved 8 primary school Physical Education and Health teachers, and the large group trial subjects involved 26 Physical Education, Health and Sports teachers in Purwosari District. The results obtained are the percentage of learning experts 90%, elementary game experts 96%, PJOK experts 77%, media experts 96%, Physical fitness experts 78%, then 91% for trial I and 89% for trial II. The conclusion in this development research is that the articulate storyline application development product is feasible to be used as a support in learning physical fitness.

 

Abstrak: Penelitian produk pengembangan yaitu bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kebugaran jasmani berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK SD di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Subjek untuk uji coba kelompok kecil melibatkan 8 guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sekolah dasar, dan subjek uji coba kelompok besar melibatkan 26 guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga di Kecamatan Purwosari.  Didapatkan hasil data yaitu dengan persentase ahli pembelajaran 90%, Ahli permainan SD 96%, Ahli PJOK 77%, Ahli Media 96%, Ahli Kebugaran Jasmani 78%, kemudian 91% untuk uji coba I dan 89% untuk uji coba II. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini yaitu produk pengembangan aplikasi articulate storyline ini layak untuk dipergunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran kebugaran jasmani.

References

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13946/6206

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Akhmad. 2016. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CRICKET BERBASIS MOBILE LEARNING PADA TIM OLAHRAGA CRICKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, efficiency and instruction appeal of blended learning model. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(4), 91–108. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Haris, I. N. (2018). Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Fkip Universitas Subang, 4(1), 2461–3961.

Irawan, D. & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12004

Kurniawan, A.W.,& Tangkudung, J. (2017). Development Of Interactive Multimedia-Based Gymnastics Floor Techniques Learning Model For Junior High School Students. Journal Of Indonesian Physical Education And Sport 3(1), 100–115.

Kurniawan, A. W. 2019. Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills, 7(Icssh 2018), 33–36.

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11599

Larsson, H., & Karlefors, I. (2015). Physical education cultures in Sweden : fitness , sports , dancing learning. Sport, Education and Society, 20(5), 573–587.

Leow, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning : Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11158

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Nurrochmah, S. 2016. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahraga. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35.

Permendikbud. (2016). Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Purnama, S., & Asto B, I. G. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2051–2054.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92.

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 5(2), 206–213.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Sugiharto, D. (2018). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Permainan Kecil Siswa SDN Sukomanunggal IV/108 Surabaya, 7, 1–25.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Yasin, A. N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169–174.

Downloads

Published

30-04-2021

Issue

Section

Articles