Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Dan Drill Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Heading Bolavoli Gandu Level II Pada Siswa SMP

Authors

  • Andy Dianto Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Asim Asim Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p131-135

Keywords:

heading, metode bermain, metode drill, bolavoli gandu level ii

Abstract

The aim of the study was to determine the difference in the effect of the playing method and drill level II volleyball gandu on the learning skills for heading outcomes of level II volleyball scouting seventh grade students of SMP Negeri 1 Sugio. This study used an experimental method with a design two group, pretests, posttest, and design. The subjects 13 students in the play method learning group and 15 students in the method learning group drill. Based on the one-way analysis of variance with a significance of alpha equals 0.05, the following results can be obtained: (1) The play method group obtained a significant 0.003 less than 0.05, the average score for pretest the playing method was 65 and the posttest was 77.61, and the score posttest greater than the score pretest. (2) The method group drill obtained significant 0.001 less than 0.05, the average score for pretest the method drill was 68 and posttest 86.92 in the, and the score posttest was greater than the score pretest. (3) The results of hypothesis testing posttest and methods play drill a significant result obtained 0.007 less than 0.05, the average score of posttest method of playing at 77.61 and posttest method posttest 86.92 drill, scores posttest method drill greater than the score of posttest method played. It can be concluded that learning volleyball gandu level II using the method is drill more influential on the learning skills heading outcomes of level II scout volleyball than the playing method.

Tujuan peneltian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran bermain dan drill bolavoli gandu level II terhadap hasil belajar keterampilan heading bolavoli gandu level II siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sugio. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan two group, pretetest, posttest, dan design. Subjek berjumlah 26 siswa dengan 13 siswa kelompok pembelajaran metode bermain dan 15 siswa kelompok pembelajaran metode drill. Berdasarkan analisis varian satu arah dengan signifikansi alpha sama dengan 0,05, dapat diperoleh hasil berikut: (1) Kelompok metode bermain memperoleh signifikan 0,003 kurang dari 0,05, rata-rata skor pretest metode bermain sebesar 65 dan posttest 77,61, dan skor posttest lebih besar daripada skor pretest. (2) Kelompok metode drill memperoleh signifikan 0,001 kurang dari 0,05 rata-rata skor pretest metode drill sebesar 68 dan posttest 86,92, dan skor posttest lebih besar daripada skor pretest. (3) Hasil uji hipotesis posttest metode bermain dan drill diperoleh hasil signifikan 0,007 kurang dari 0,05, rata-rata skor posttest metode bermain sebesar 77,61 dan posttest metode drill posttest 86,92, skor posttest metode drill lebih besar daripada skor posttest metode bermain. Dapat disimpulkan pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode drill lebih berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan heading bolavoli gandu level II daripada metode bermain.

References

Abdullah, B., Shafie, N. A., Yusof, A., Shamsudin, S., & Salehhodin, S. N. (2018). Growth Motor Development Levels of Young Children in Cricket, Volleyball and Athletics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i14/3666

Anggreani, Y., Supriatna, E., & Yunitaningrum, W. (2019). Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 3.9.

Aprianova, F. (2016). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola ( Dribbling ) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga.

Asim, A. 2001. Bola Voli Gandu. Malang: Wineka Media.

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276

Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Chagas, D. V., Ozmun, J., & Batista, L. A. (2017). The relationships between gross motor coordination and sport-specific skills in adolescent non-Athletes. Human Movement. https://doi.org/10.1515/humo-2017-0037

Roji, E. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.

Jakiwa, J., & Suppiah, P. K. (2020). The differences between gross motor performance amongst children according to ethnic and age chronology. Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise 9.1.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.¬24246/-j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291

Khotimah, N. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Ournal of Education and Teaching 1.1.

Ihsan, I. (2019). Pengaruh Metode Bermain Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Penjasorkes). Jurnal Penjakora - Ejournal.Undiksha.Ac.Id.

Nugraha, L. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Drilling Jarak Pendek Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id.

Kiranida, K. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Tunas Bangsa Journal, 2019 - Ejournal.Bbg.Ac.Id.

Rodiansyah R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Gerak Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola. Ejournal.Upi.Edu.

Sepriadi, S. (2017). Kontribusi Status Gizi Dan Kemampuan Motorik Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147

Setyo, U. A. I., & Winarno, M. E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodok Melalui Metode Bermain di SMP Negeri 1 Durenan. Sport Science and Health, 2(2), 99-104.

Subandijah, S. 1994. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wallhead, T. L., Garn, A. C., & Vidoni, C. (2014). Effect of a sport education program on motivation for physical education and leisure-time physical activity. Research quarterly for exercise and sport, 85(4), 478-487.

Winarno, M. E. (2014). Teknik Dasar Dan Taktik Bermain Bola Voli. Universitas Negeri Malang.

Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4179

Downloads

Published

12-02-2022

Issue

Section

Articles