Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Authors

  • Muhammad Rifqi Aidiansyah Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p154-166

Abstract

Abstrak: Memasuki era teknologi seperti sekarang ini guru harus mampu menciptakan media pembelajaran secara kreatif, mendidik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, sehingga untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran diperlukan pembinaan yang tepat. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bolavoli berupa aplikasi articulate storyline pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD PJOK di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro sehingga menjadi salah satu pengetahuan baru dalam pengembangan media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan. Dari pengembangan produk didapatkan hasil pada uji coba kelompok kecil (93%) dan uji coba kelompok besar (94%).

 

Abstrak: Memasuki era teknologi seperti sekarang guru harus mampu menciptakan media pembelajaran secara kreatif, edukatif dan bisa mencapai tujuan pembelajaran, sehingga untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas guru dalam kegiatan pembelajaran diperlukan pembinaan yang sesuai. Tujuan dari penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bolavoli berbentuk aplikasi articulate storyline untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro sehingga menjadi salah satu pengetahuan baru dalam mengembangkan media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan. Dari pengembangan produk tersebut memperoleh hasil pada uji coba kelompok kecil (93%) dan uji coba kelompok besar (94%). Sehingga disimpulkan bahwa produk pengembangan perangkat pembelajaran materi bola voli berbasis aplikasi articulate storyline memiliki kriteria sangat valid serta layak dipakai pada kegiatan pembelajaran.

References

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020b). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13946/6206

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020c). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, efficiency and instruction appeal of blended learning model. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(4), 91–108. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Journal Gelanggang Pendidikan Jasmani, 2(2), 99–107.

Hanggara, D., Syafrial, S., & Ilahi, B. R. (2018). Implementasi Ekstrakurikuler Bola Voli Di Sma N 1, 2 Dan 3 Bengkulu Tengah. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9182

Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 53. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12004

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11599

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pemebelajaran Ipa Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11158

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Nur, S. M. (2017). Peran Kelompok Kerja Guru ( Kkg ) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo. Wakapendik, 2(5), 1–9.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Permendikbud. (2018). Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 5(2), 206–213.

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembangan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Sitompul, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Rpp Berkarakter Melalui Bimbingan Berkelompok Bagi Guru Negeri Sd 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 88. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.88-91

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi SMA. BioEdu, 6(2), 571–579.

Downloads

Published

30-04-2021

Issue

Section

Articles