Efektifitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di UPT Sekolah Dasar

Authors

  • Windah Tri Lestari Universitas Negeri Malang
  • Mashuri Eko Winarno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v2i92020p464-470

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the effectiveness of physical education learning time for sports and health at the SD Negeri Sukosewu, Gandusari District, Blitar Regency. This study shows that the effectiveness of the PJOK learning time has not been effective, it can be seen that the average time used is 99 (71%). However, the systematic learning effectiveness was still not effective, the average result of the preliminary activities was 16 (11%), the core activities were 70 (50%) while the closing activities were 13 (9%). According to the criteria for teacher performance appraisal, the time effectiveness in core activities and closing activities is still too little time that has been determined. To overcome this problem, it is necessary to start learning with the right time, use of time and modify the learning model in preliminary activities so that learning is more effective, and improve teacher performance.

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang bertempat di UPT SD Negeri Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas waktu pembelajaran PJOK belum efektif, hal tersebut dapat dilihat dengan rata-rata waktu yang digunakan sebesar 99 (71%) rata-rata tersebut menunjukkan dalam kategori baik sekali. Namun sistematika efektifitas pembelajaran masih belum efektif, hasil rata-rata pada kegiatan pendahuluan dengan total 16 (11%), kegiatan inti sebesar 70 (50%) sedangkan kegiatan penutup sebesar 13 (9%). Menurut kriteria penilaian kinerja guru efektifitas waktu pada kegiatan inti dan kegiatan penutup masih terlalu sedikit waktu yang telah ditentukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu memulai pembelajaran dengan waktu yang tepat, penggunaan waktu dan modifikasi model pembelajaran pada kegiatan pendahuluan agar pembelajaran lebih efektif, serta meningkatkan kinerja guru.

References

Abdul Rahin Bin Hamdan, Ahmad Johari Bin Hj Sihes, Jamaluddin Bin Ramli, Rosliza Binti Hamzah, Bernama, Ezaleila Mustafa, S., … Sonenthal, A. (2018). Media Sosial. Www.Moe.Gov.My.

Abdul Rasid, J. H. I. (2013). Pelaksanaan pembelajaran menyeronokkan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu.

Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Singkat.

Arif, M., & Hartati, Yuli, S. C. 2016. Penerapan Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo). 185-193.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi.

Jamshed, S. (2014). Qualitative research method-interviewing and observation. Journal of Basic and Clinical Pharmacy. https://doi.org/10.4103/0976-0105.141942

Kartowagiran, B. (2015). KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI). Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi.

Marvasti, A. (2018). Research methods. In The Cambridge Handbook of Social Problems. https://doi.org/10.1017/9781108656184.003

Mohammed Sani Ibrahim. (2013). Perana Guru Mata Pelajaran Dalam Mempertingkatkan Kualiti Pegajara Guru-guru. Jurnal Kurikulum & Pengajara Asia Pasifik.

Mohd Khairuddin Abdullah, Khalid Hj Johari, Ag Yusof Ag Chuchu, & Halimah Laji. (2014). Komunikasi guru dalam bilik darjah dan tingkah laku delinkuen murid sekolah menengah. Jurnal Pemikir Pendidikan.

Norashid Bin Othman, & Hamzah Bin Md.Omar. (2014). Beban Tugas dan Motivasi Pengajaran Guru di Sekolah Menengah Daerah Ranau. Jurnal Pemikir Pendidikan (Journal for Educational Thinkers). https://doi.org/ISSN 1985-3637

Norashid Othman, & Hamzah Md Omar. (2014). © Universiti Malaysia Sabah, 2014. Jurnal Pemikir Pendidikan.

Norashikin Abu Bakar, Ramli Basri, & Fooi, F. S. (2015). Hubungan kepimpinan guru dengan pencapaian akademik pelajar. International Journal of Education and Training (InjET).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualiatatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukiman Saad, N. S. S. dan M. U. D. (2014). Pengajaran kemahiran berfikir. Jernal Pendidikan.

Supadi. (2019). Kinerja Guru. In Ijrm.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Sutarmanto. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan.

Tight, M., Symonds, P., & Symonds, P. M. (2016). The Case Study as a Research Method. In Case Studies. https://doi.org/10.4135/9781473915480.n2

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Downloads

Published

30-01-2022

Issue

Section

Articles