Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri Kota Malang

Authors

  • Joko Prayitno Universitas Negeri Malang
  • M. E. Winarno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p808-813

Keywords:

fitness, physical, kebugaran, jasmani, ekstrakurikuler, extracurricular

Abstract

Abstract: This study aims to determine the physical fitness of extracurricular participants at SMA Negeri Malang City, East Java. The method used is a survey with a research sample of 57 students participating in extracurricular activities. The data collection instrument used the TKJI test which was analyzed using descriptive analysis. The results showed that the extracurricular participants at SMA Negeri 7 Malang City were as follows: There was 1 student or 1.75 percent in the good category, 25 students or 43.9 percent had physical fitness in the moderate category, and 31 students or 54.4 percent in the poor physical fitness category. The conclusion of this study is that the overall physical fitness of extracurricular participants at SMA Negeri 7 Malang is included in the poor category.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri Kota Malang Jawa Timur. Metode yang digunakan survey dengan sampel penelitian sebanyak 57 orang siswa peserta ekstrakurikuler. Instrumen pengumpul data menggunakan tes TKJI yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Malang adalah sebagai berikut: Terdapat 1 siswa atau 1,75 persen dengan kategori baik, 25 siswa atau 43,9 persen memiliki kebugaran jasmani dengan kategori sedang, dan 31 siswa atau 54,4 persen dengan kategori kebugaran jasmani kurang. Kesimpulan penelitian ini secara keseluruhan tingkat kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga di SMAN 7 Kota Malang tergolong dalam kategori kurang.

References

Ardila, M. W., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W. & Mu’arifin. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Scinece and Health, 3(4), 154–166.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 156–167.

Chendra, S. & Lontoh, S.O. (2019). Hubungan olahraga terhadap kapasitas vital paru mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2013-2016. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 176–179.

Jayul, A. & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Lesmana, H. S. & Broto, E. P. (2013). Olahraga Upaya Preventif Osteoporosis Dini. Jurnal Performa Olahraga, 53(9), 1689–1699.

Mahfud, I. & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tadisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37.

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D. & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57.

Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115487.

Pamungkas, I.A. & Dwiyogo, W.D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278.

Prasetio, E., Sutisyana, A., Ilahi, B. R. & Defliyanto, D. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan IMT Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 166–172.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W. & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(5), 78–92.

Solihin, A. O. (2013). Tari Tradisional Untuk Respon Jantung. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 53(9), 1689–1699.

Suwarna, A. H. & Widiyanto. (2016). Perbedaan Pola Tidur Antara Kelompok Terlatih Dan Tidak Terlatih. Medikora, 15(1), 85–95.

Yuliansyah, A. R., Wiguno, L. T. H. W., Kurniawan, A. W. & Mu’arifin. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 154–166.

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.

Downloads

Published

31-10-2021

Issue

Section

Articles