Pengembangan Media Pembelajaran Jujitsu Newaza Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Authors

  • Adz Dzaria Nisa Solecha Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p790-799

Keywords:

learning media, articulate storyline, jujitsu newaza, media pembelajaran

Abstract

Abstract: This research and development aims to develop learning tools for jujitsu newaza techniques based on articulate storylines in the form of an application used for learning media for newaza jujitsu for PBJI athletes and coaches in Blitar Regency and also useful as a reference and development for further research. The development method used in this research is the Research and Development (R&D) method or development research. The small group trial subjects involved 9 PBJI athletes in Blitar Regency and the large group trial subjects involved 13 PBJI athletes in Blitar Regency. The results of the analysis of the experts who have done the validity, the percentage of the evaluation of coaching experts is 91 percent which means very valid, the results of the evaluation of media experts are 96 percent which means very valid, the results of the evaluation of the jujitsu experts are 77 percent which means very valid, the results of the group trial small obtained 82 percent which means very valid, the results of large group trials obtained 90 percent which means very valid. Based on the analysis of these data, it can be concluded that the development product of learning media jujitsu newaza (fights below) based on the articulate storyline application can be said to be "suitable for use" for the newaza learning media for PBJI Blitar Regency. It is recommended that in learning jujitsu, the newaza technique based on the articulate storyline is only used in the newaza material before learning newaza in the core activities of learning newaza.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Teknik jujitsu newaza yang berbasis articulate storyline yang berupa sebuah aplikasi yang digunakan untuk media pembelajaran jujitsu newaza, memberikan kemudahan belajar secara visualisasi bagi atlet dan memberikan akses yang mudah terhadap materi newaza untuk atlet dan pelatih PBJI Kabupaten Blitar dan juga bermanfaat menjadi rujukan dan pengembangan untuk penelitian selanjutnya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Subjek uji coba kelompok kecil melibatkan 9 atlet PBJI Kabupaten Blitar dan subjek uji coba kelompok besar melibatkan 13 atlet PBJI Kabupaten Blitar. Hasil analisis dari para ahli yang sudah melakukan validitas maka diperoleh persentase evaluasi ahli kepelatihan 91 persen yang berarti sangat valid, hasil evaluasi ahli media diperoleh 96 persen yang berarti sangat valid, hasil evaluasi ahli jujitsu diperoleh 77 persen yang berarti sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 82 persen yang berarti sangat valid, hasil uji coba kelompok besar diperoleh 90 persen yang berarti sangat valid. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran jujitsu newaza (perkelahian bawah) berbasis aplikasi articulate storyline dapat dikatakan “layak digunakan” untuk media pembelajaran newaza untuk PBJI Kabupaten Blitar. Disarankan dalam pembelajaran jujitsu teknik newaza berbasis articulate storyline ini hanya digunakan pada materi newaza sebelum melakukan pembelajaran newaza pada kegiatan inti pembelajaran newaza.

References

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran por kee surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-8.

Kurniawan, A. W. (2014). Pengembangan Pembelajaran Judo Teknik Bantingan Kyu 4 dengan Media VCD untuk Pejudo PJSI (Persatuan Judo Seluruh Indonesia). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 10-17.

Listyawati, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pemebelajaran Ipa Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Lukman. (2020). Pengurus Besar Jujitsu Indonesia (PBSI). Dalam https://penjasology.web.id/jujitsu/ diakses pada 28 agustus 2020.

Mcneil, S. (2015). Visualizing Mental Models : Understanding Cognitive Design and Development. Educational Technology Research And Development. 63(1), 73–96.

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.

Purnama, S., & Asto, B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279. http://dx.doi.org/10.17977/um003v3i22017p145

Rasang, F. (2019). Analisis Gerak Cabang Olahraga Diving. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Puspitasari, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(2) 227-232.

Rachmadtullah, R. M. S. Z., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: study on learning in elementary education. Int. J. Eng. Technol, 7(4), 2035-2038.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92.

Roni, M., & Ihsan, N. 2018. Pengaruh Latihan Uchikomi Karet terhadap Pengembangan Kemampuan Teknik Bantingan Tai Otoshi Atlet Judo PPLP Sumbar. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 1(1), 114–118.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(4), 291-304.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266

Yumini, Si., & Rakhmawati, L. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Downloads

Published

31-10-2021

Issue

Section

Articles