Studi tentang penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X di SMAN 4 Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i7p552–563Keywords:
penilaian autentik, pembelajaran berbasis proyek, optika geometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek dan implementasi penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X SMAN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Data proses penilaian sikap, proses penilaian proyek, proses penilaian produk, nilai sikap, nilai tugas proyek dan nilai produk dianalisis secara kuantitatif. Data hasil wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa pada ranah afektif mengalami penurunan pada pertemuan kedua dan mengalami kenaikan pada pertemuan ketiga dan keempat. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor berupa kemampuan menghasilkan produk, dapat menyusun laporan proyek, membangun sendiri pengetahuan dan dapat menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.
References
Gerungan, W. A. (1966). Psychologi sosial. Bandung: PT Eresco.
Hariyanto, I. B. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kamdi, W. (2007). Pembelajaran berbasis proyek: model potensial untuk peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Gentengkali, Malang.
Kunandar, K. (2013). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.
Liu, W. C. (2007). Project-Based Learning And Students’ Motivation. Tersedia Pada: Http://Www.Google.Co.Id/Project-Based-Learning-Journalfiletype:Pdf. Diakses Pada Tanggal 21 September 2009.
Murdilarto. (2013). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Amisco.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.