PENGEMBANGAN APLIKASI : UPAYA MENGOPTIMALKAN POTENSI SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Indra Surya Setiawan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p1

Keywords:

Pengembangan, ADDIE Model, Smartphone

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menciptakan aplikasi pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), sebagai upaya memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran yang mudah diakses melalui perangkat mobile, khususnya smartphone Android. Metode penelitian yang digunakan adalah Model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SDN Pandanwangi 03 Malang, yang dipilih melalui metode purposive random sampling. Hasil validasi dari ahli media mencapai 90,5%, sementara ahli materi memberikan hasil sebesar 91,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi "Badminton Lessons" ini merupakan produk baru dalam pengembangan media pembelajaran di SDN Pandanwangi 03. Dengan demikian, aplikasi ini dapat digunakan dengan kategori sangat baik.

References

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. 2007, 208–216. http://www.pace.edu/ctlt/newsletter

Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806

Diana, M., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Matematika, 1(1), 7–13.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Lase, D. (2016). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/ITHET.2016.7760744

Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). Sage Publications.

Muntaha, S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.

Rianto, B., Ridha, M. R., & Alsa, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1 Tembilahan. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 175. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1373

Wahid A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Surya Setiawan, I. . (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI : UPAYA MENGOPTIMALKAN POTENSI SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(5), 1. https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p1

Issue

Section

Articles