PENGEMBANGAN APLIKASI : UPAYA MENGOPTIMALKAN POTENSI SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p1Keywords:
Pengembangan, ADDIE Model, SmartphoneAbstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menciptakan aplikasi pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), sebagai upaya memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran yang mudah diakses melalui perangkat mobile, khususnya smartphone Android. Metode penelitian yang digunakan adalah Model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SDN Pandanwangi 03 Malang, yang dipilih melalui metode purposive random sampling. Hasil validasi dari ahli media mencapai 90,5%, sementara ahli materi memberikan hasil sebesar 91,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi "Badminton Lessons" ini merupakan produk baru dalam pengembangan media pembelajaran di SDN Pandanwangi 03. Dengan demikian, aplikasi ini dapat digunakan dengan kategori sangat baik.
References
Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. 2007, 208–216. http://www.pace.edu/ctlt/newsletter
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806
Diana, M., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Matematika, 1(1), 7–13.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lase, D. (2016). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/ITHET.2016.7760744
Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). Sage Publications.
Muntaha, S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.
Rianto, B., Ridha, M. R., & Alsa, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1 Tembilahan. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 175. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1373
Wahid A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.
Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.