PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v3i112023p1Keywords:
Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa, Pekerjaan SosialAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative script di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan analisis statistik (uji Wilcoxon dan N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dari Siklus 1 (rata-rata nilai 71,86) ke Siklus 2 (81,07). Partisipasi aktif siswa juga meningkat, tanpa adanya penurunan pencapaian. Model cooperative script secara konsisten meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Malang.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Garcia, M., Martinez, R., & Lopez, J. (2019). The Impact of Cooperative Script on Student Learning Outcomes: A Cross-Disciplinary Investigation. International Journal of Educational Research, 36(2), 189-201.
Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39–54.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Meilani, R., Nani Sutarni. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1) hal 176-187
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Slavin, R. E. (2014). Cooperative learning and academic achievement: Why does groupwork work? Anales de Psicología, 30(3), 785–791.
Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.