Media Pembelajaran Berbasis Android Pokok Bahasan Elastisitas untuk Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v2i4p232-240Keywords:
Learning Media, Media Pembelajaran, Android, Elasticity, ElastisitasAbstract
Android-based learning media is learning that utilizes technology, by using Android-based learning media students can continue to learn anywhere and anytime. This learning media contains materials, videos, animations, and experimental simulations. The purpose of this study was to develop an android-based elasticity learning media for high school students. The research method used is Research and Development (R and D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). The subjects of this study were 35 students of class XI SMA in Surabaya. The instruments used in this study were expert validation sheets, pretest and posttest test sheets, and student response sheets. Analysis of student and expert response data using the average value between the number of scores obtained compared to the number of questions. The results of the validation of the Android-based elasticity learning media by media experts obtained an average score of 3.52 with a very good category. The student's response got a score of 3.41 with a very good category. Student learning outcomes obtained an N-gain score of 0.71 in the high category. Android-based learning media, the subject of elasticity can help students learn well and can improve student learning outcomes.
Media pembelajaran berbasis android merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android siswa dapat terus belajar dimana saja dan kapan saja. Media pembelajaran ini berisi materi, video, animasi, serta simulasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran elastisitas berbasis android untuk siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R and D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI SMA di Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli, lembar tes pretest dan posttest, serta lembar respon siswa. Analisis data respon siswa dan ahli menggunakan nilai rata-rata antara jumlah skor yang diperoleh dibandingkan dengan jumlah pertanyaan. Hasil validasi media pembelajaran elastisitas berbasis android oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 3,52 dengan kategori sangat baik. Respon siswa memperoleh skor 3,41 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa memperoleh skor N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Media pembelajaran berbasis android pokok bahasan elastisitas dapat membantu siswa dalam belajar dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Fahyuni & Nurdyansyah, Eni Fariyarul. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Habibi, G. A., & Kurniawan, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Materi Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA Antartika Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2).
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hasanah, N., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). E-learning dengan Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).
Hidayati, F. N. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
Hidayatulloh, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dalam Penyelesaian Soal–Soal Fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75.
Kuntjojo. (2009). Metodologi Penelitian. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Mulyatiningsih Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. UNY Press.
Prawiradilaga, Dewi Salma. (n.d.). Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles). Prenadamedia Group.
Rusman. (2018). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi ke 2. PT Raja Grafindo Persada.
RW, R. S., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2017). Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sambirejo. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 182–191.
Sakhowati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook di SMA PGRI 1 Kelas XI IPA 1 Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 46–52.
Serway & Jewett. (2009). Fisika untuk Sains dan Teknik. Salemba Teknika.
Setyahandani, U., Darmawan, H., & Matsun, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Gelombang Cahaya di Kelas XI Sma Negeri 2 Ketapang. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 1(1), 32–38.
Widoyoko, Eko Putro. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Zemansky & Mark W. (1982). Fisika untuk Universitas I Mekanika, Panas, dan Bumi. Yayasan Dana Buku Indonesia.