Proses berpikir tingkat tinggi siswa smp berkecerdasan linguistik, logis-matematis, dan visual-spasial dalam menyelesaikan masalah matematika

Authors

  • Risna Widdy May Pamilu
  • Latifah Mustofa Lestyanto

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i9p666–677

Keywords:

proses berpikir tingkat tinggi, kecerdasan lingustik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Indonesia. Hal ini didasarkan dari hasil Ujian Nasional (UN) yang mengalami penurunan. Selain itu, hasil tes PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa Indonesia masih berada di urutan bawah. Untuk mengatasi hal itu, maka perlu ditelusuri proses berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah matematika yang digunakan adalah soal tipe HOTS. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII M MTsN 1 Malang dengan tipe kecerdasan linguistik, logis-matematis, dan visual-spasial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa berkecerdasan linguistik, logis-matematis, dan visual-spasial telah dapat menganalisis keterkaitan antar informasi, menemukan ide/fakta yang relevan dengan soal, memilih informasi, memodifikasi konjektur yang salah agar menjadi benar, mengajukan konjektur, serta menyelidiki dan memberikan kemungkinan cara penyelesaian dan jawaban yang lain. Siswa berkecerdasan linguistik selalu memeriksa setiap langkah penyelesaianya. Siswa berkecerdasan logis-matematis dan visual-spasial dapat memberikan kemungkinan cara penyelesaian yang lain secara lengkap.

References

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for learning teaching and assessing a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Arif & Bono. (2014). Psikologi kognitif. Bandung: PPPPTK.

Devi. (2014). Proses pemahaman konsep persegi panjang siswa dengan multiple intelligences berbeda. Jurnal Pendidikan Matematika, 20(2), 110-123.

Djaali. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gardner, H. (2011). Frame of minds (Third Edition). New York: Bassic Book.

Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (1982). Thinking mathematically. London: Addison Wesley Publishing Company.

Miles, B. & Huberman, M. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta:UIP.

Solso, Robert L. (2013). Cognitive psychology. _: Pearson.

Tempo. (2018, Mei 25). Mendikbud jelaskan kenapa nilai rata-rata hasil UN SMP 2018 turun, hlm.1.

Wulandari, C. (2017). Diagnosis kesulitan siswa berkecerdasan linguistik dan logika-matematis dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Widdy May Pamilu, R., & Mustofa Lestyanto, L. (2022). Proses berpikir tingkat tinggi siswa smp berkecerdasan linguistik, logis-matematis, dan visual-spasial dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(9), 666–677. https://doi.org/10.17977/um067v1i9p666–677

Issue

Section

Articles