Evaluasi Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Kuliah Desain Ilustrasi

Authors

  • Annisau Nafiah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Agus Hery Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Hapsari Kusumawardani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n5p366-371

Keywords:

model pembelajaran, mind mapping

Abstract

Mind mapping learning models are often used in adaptive and normative learning. In this study, the researcher will evaluate the implementation of the mind mapping learning model that is integrated into practical learning in the illustration design course. In the illustration design course, students emphasize making fashion design. The mind mapping learning model is implemented when students are looking for ideas or concept that will be used as inspiration making fashion design. The purpose of this study is to describe the application of the mind mapping learning model in the illustration design course. This research method uses quantitative descriptive using a sample of 95 students. Based on the research results, it shows that the mind mapping learning models are very helpful for students in determining ideas or themes as their source of inspiration. The mind mapping learning model can also improve student skills in making mood board and storyboard collages as a reference in fashion design cantering so as not to deviate from a predetermined theme. The conclusion that can be drawn from this research is that the mind mapping learning model can improve student's cognitive and psychomotor abilities in learning illustration design practice.

Model pembelajaran mind mapping sering kali digunakan dalam pembelajaran adaptif dan normatif. Pada penelitian ini, peneliti akan mengevaluasi penerapan model pembelajaran mind mapping yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran praktik pada mata kuliah desain ilustrasi. Pada mata kuliah desain ilustrasi, mahasiswa ditekankan pada pembuatan desain busana. Model pembelajaran mind mapping diimplementasikan ketika mahasiswa sedang mencari ide atau konsep yang akan dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat desain busana tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata kuliah desain ilustrasi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 95 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping sangat membantu mahasiswa dalam menentukan ide atau tema sebagai sumber inspirasinya. Model pembelajaran mind mapping juga dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat moodboard dan storyboard sebagai acuan dalam pembuatan desain busana agar tidak menyimpang dari tema yang telah ditentukan. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa dalam pembelajaran praktek desain ilustrasi.

References

Alamsyah, M. (2009). Kiat jitu meningkatkan prestasi dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Buzan, T. (2011). Buku Pintar Mind Map (Cetakan Kesebelas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar.. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nurani, I. W., Wakidi, W., & Ekwandari, Y. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Pesagi (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 2(2).

Putri, Z. H., & Ulfah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11).

Katalog Jurusan TI. Pe2015. Malang: Fakultas Teknik UM

Kunandar, S. P., & Si, M. (2008). langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2007). Jakarta: Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Pt Raja Grafindo Persada.

Rumini, S., Purwanto, E., Purwandari, M. S., Suharmini, T., Si, M., & Ayriza, Y. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Widarwati, S. dkk. 1996. Desain Busana II. Yogyakarta: FT IKIP Yogyakarta

Sudirman, T. (2004). Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Kencana

Sunandar. A. dkk. (2016). Avantgarde: Inovation of Fashion. Malang

Yohanes, S. (2001). Bimbingan Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

29-05-2021

Issue

Section

Articles