Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Batik Tulis Pesatenan Kabupaten Pati

Authors

  • Tutik Nigsih Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Hapsari Kusumawardani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Esin Sintawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n5p351-358

Keywords:

preferensi konsumen, batik tulis pesantenan

Abstract

The purpose of this study was to determine the factors that become the preferences or level of consumer preference for Pesantenan batik. Factors that influence consumer preferences can be seen from 3 aspects, namely consumer interests, product attributes, and customer satisfaction. This research uses descriptive research with a quantitative approach. Research respondents are consumers who buy and understand Pesantenan batik products with a sample of 68 respondents. The data collection technique was-carried out by distributing closed questionnaires to respondents and the data analysis used was percentage analysis. The test of the questionnaire instrument used was validity and reliability testing using SPSS for Windows. Research respondents are consumers who buy and understand Pesantenan batik products with a sample of 68 respondents. The results of the research preferences based on interests are influenced by primary needs (safety and comfort), whereas when viewed from product attributes, preferences are influenced by 3 factors, namely brand perception, brand loyalty, and the indicator of the color of Pesantenan batik. Preference-based on consumer satisfaction is influenced by price perceptions, price suitability with quality, and price comparisons. Based on the results of this study, it can be concluded that there are 6 factors of consumer preference in choosing Pesantenan written batik, namely based on primary needs (safety and comfort), brand perception, brand loyalty, batik color, price perception, price compatibility with quality and price comparison.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi preferensi atau tingkat kesukaan konsumen terhadap batik tulis Pesantenan. Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dapat dilihat dari 3 aspek yaitu kepentingan konsumen, atribut produk, dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian merupakan konsumen yang membeli dan memahami produk batik tulis Pesantenan dengan sampel penelitian sejumlah 68 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket tertutup kepada responden dan analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Uji coba instrumen kuisioner yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS for Windows. Hasil penelitian preferensi berdasarkan kepentingan dipengaruhi oleh kebutuhan primer (keamanan dan kenyamanan) sedangkan jika ditinjau dari atribut produk, preferensi dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu persepsi merek, loyalitas merek serta indikator warna batik tulis Pesantenan. Preferensi berdasarkan kepuasan konsumen dipengaruhi oleh persepsi harga, kesesuaian harga dengan kualitas dan perbandingan harga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat 6 faktor preferensi konsumen dalam memilih batik tulis Pesantenan yaitu berdasarkan kebutuhan primer (keamanan dan kenyamanan), persepsi merek, loyalitas merek, warna batik, persepsi harga, kesesuaian harga dengan kualitas dan perbandingan harga.

References

Antopani, T. (2015). Fotografi, Pariwisata, dan Media Aktualisasi Diri. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 11(1), 31-40.

Darmanto, R. F. (2017). Pengaruh disiplin, komitmen dan motivasi terhadap kinerja karyawan pt kao corporation. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(1), 45-60.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Mandegani, G. B., Setiawan, J., Haerudin, A., & Atika, V. (2018). Persepsi Kualitas Batik Tulis. Dinamika Kerajinan dan Batik, 35(2), 75-84.

Sabila, E. (2019). Preferensi konsumen batik" Tanjung Bumi" Kabupaten Bangkalan Madura (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Saputri, A.D. (2017). Menggambar Batik menggunakan Adobe Photoshop. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sari, D. P. P., & Esariti, L. (2019). Pembelajaran dari proses pemberdayaan perempuan pada usaha batik pesantenan pati. Jurnal Pengembangan Kota, 7(2), 136-146.

Sukiarti, S., Hasiholan, L. B., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek, Kesadaran Merek dan Kualitas Merek terhadap Ekuitas Merek, Hand & Body Lotion Vaseline (Studi Kasus di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang). Journal of Management, 2(2).

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta: CAPS.

Downloads

Published

29-05-2021

Issue

Section

Articles