Perspektif Pendidikan Pada Era Disruptive Menuju Era Socienty 5.0
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068v2i62022p282-288Keywords:
industrial revolution, society 5.0, education.Abstract
Pada zaman Revolusi Industri 4.0 yang dianggap sebagai zaman disruptive dan membawa manfaat serta merusak nilai-nilai kemanusiaan, ilmuwan global yang dipimpin oleh para ilmuwan Jepang, memimpin konsep Society 5.0 untuk mengurangi dampak negatif dan memperoleh keuntungan yang optimal. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis pentingnya pembelajaran kooperatif pada era Revolusi 5.0 dari perspektif pendidikan. Penelitian ini memanfaatkan tinjauan literatur, penelitian, berbagai dokumen kebijakan pendidikan nasional, serta pandangan dari banyak pemimpin dunia untuk mengeksplorasi konsepsi pertumbuhan Revolusi Industri mulai sejak awal hingga Revolusi Industri 4.0, serta termasuk ide untuk membangun Society 5.0, guna menggapai tujuan tersebut. Hasil penelitian meperlihatkan bahwa peranan teknologi pada Revolusi Industri 4.0 harus diperkuat untuk menciptakan model pembelajaran yang lebih sukses dan adaptif saat menyongsong era Society 5.0. Dibutuhkan dorongan guna mendukung penggunaan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0, sebagaimana dorongan dan dukungan dengan berupa kebijakan reformasi pendidikan harus ditingkatkan melalui penerapan delapan stanndar pendidikan nasional dan pengelolaan pendidikan yang memanfaatkan media teknologi informasi serta kecerdasan buatan (AI).
In the disruptive era of the Industrial Revolution 4.0, which brought both benefits and damages to human values, a group of global scientists led by Japanese researchers introduced the concept of Society 5.0 to minimize negative impacts and maximize benefits. This article aims to examine the significance of cooperative learning in the era of Society 5.0 from an educational perspective. Through a literature review, research, analysis of various national education policies, and the perspectives of world leaders, the article explores the evolution of the Industrial Revolution from its beginning to the Industrial Revolution 4.0, as well as the concept of Society 5.0, to achieve this goal. The research findings suggest that technology's role in the Industrial Revolution 4.0 needs to be strengthened to create a more successful and adaptable learning model in preparing for the era of Society 5.0. The promotion of educational reform policies is necessary to support the education system in the era of the Industrial Revolution 4.0 towards Society 5.0, and the implementation of eight national education standards and management of education that utilizes information technology media and artificial intelligence (AI) is crucial.
References
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, 47-50.
Putri, E.W. (2020) ‘Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Pancasila: Sebagai Basis Di Era Revolusi Industri 4.0’, Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an dan al-Hadits, 14(1), pp. 23–42.
Handayani, N.N.L. and Muliastrini, N.K.E. (2020) ‘Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar)’, in Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, pp. 1–14.
Sukendra, I.K. and Fridayanthi, P.D. (2021) ‘Peningkatan Kualitas SDM Guru Melalui Pengembangan Pendidikan Menuju Era Society 5.0’, TRANSFORMASI PENDIDIKAN, p. 118.
Utami, R. (2020) ‘Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0’, Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), pp. 213–218.
Maryati, M. and Sianturi, R. (2020) ‘Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi’, in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Hapsari, S.A. and Pamungkas, H. (2019) ‘Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro’, WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), pp. 225–233.
Yoshimasa Hayashi, (2018). Science and Technology: Aiming for policy research that evolves along with the formation of science and technology innovation policy-The 30th anniversary magazine of the Institute of Science and Technology Policy
Handhini, L.S. and Fitriyanti, E. (2020) ‘Tantangan Menjadi Guru Di Era Disruptif’, in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Davies R. (2015). Industry 4.0; Digitalisation for productivity and growth. Eur Parliam Res Serv.