Pengaruh celebrity worship, gaya hidup hedonis, dan kecanduan internet terhadap pembelian kompulsif merchandise band day6 pada online shop Uriharu Id

Authors

  • Hurun Iin Driana Universitas Negeri Malang
  • Aniek Indrawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p452-469

Keywords:

Celebrity Worship, Gaya Hidup Hedonis, Kecanduan Internet, Pembelian Kompulsif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) Pengaruh Celebrity Worship terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id; 2) Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id; dan 3) Pengaruh Kecanduan Internet terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan explanatory. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 110 orang pelanggan Uriharu Id. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang merupakan data penelitian berupa angka yang berasal dari kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Celebrity Worship terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id, artinya sikap pemujaan terhadap selebriti (celebrity worship) yang dimiliki pelanggan Uriharu Id yang juga merupakan penggemar band Day6 ini, dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara kompulsif dengan melakukan pembelian produk-produk terkait idola; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Hidup Hedonis terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id, artinya Gaya Hidup Hedonis yang dimiliki oleh pelanggan Uriharu Id mempengaruhi mereka untuk melakukan pembelian barang-barang yang kurang dibutuhkan secara terus menerus hanya untuk memuaskan keinginan dan rasa senang mereka, seperti membeli merchandise band Day6 berulang kali pada online shop Uriharu Id; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecanduan Internet terhadap Pembelian Kompulsif merchandise Band Day6 pada Online Shop Uriharu Id, artinya Kecanduan Internet yang dilakukan oleh pelanggan Uriharu Id dapat menyebabkan mereka melakukan pembelian kompulsif terhadap suatu produk secara online, seperti pembelian merchandise Band Day6 yang dilakukan pada Online Shop Uriharu Id.

References

Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203-210.

Bhatia, V. (2019). Impact of fashion interest, materialism and internet addiction on e-compulsive buying behaviour of apparel. Journal of Global Fashion Marketing, 10(1), 66-80.

Edwards, E. A. (1993). Development of a new scale for measuring compulsive buying behavior. Financial counseling and planning, 4(1), 67-84.

Egsaugm. (2020). Fenomena Korean wave di Indonesia. (https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/). diakses 20 Oktober 2020

Eren, S. S., Eroğlu, F., & Hacioglu, G. (2012). Compulsive buying tendencies through materialistic and hedonic values among college students in Turkey. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 58, 1370-1377.

Darfiyanti, D., & Putra, M. G. B. A. (2012). Pemujaan terhadap idola pop sebagai dasar intimate relationship pada dewasa awal: Sebuah Studi Kasus. Jurnal psikologi kepribadian dan Sosial, 1(2).

Dewi, D. P. K. S., & Indrawati, K. R. (2019). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 291-300.

Felicia, F., Elvinawaty, R., & Hartini, S. (2014). Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan Gaya Hidup Hedonistik. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(3).

Horváth, C., & Adıgüzel, F. (2018). Shopping enjoyment to the extreme: Hedonic shopping motivations and compulsive buying in developed and emerging markets. Journal of Business Research, 86, 300-310.

Larasati, D. (2018). Globalization on Culture and Identity: Pengaruh dan Eksistensi Hallyu (Korean-Wave) Versus Westernisasi di Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 11(1), 109-120.

Lee, S., Park, J., & Bryan Lee, S. (2016). The interplay of Internet addiction and compulsive shopping behaviors. Social Behavior and Personality: an international journal, 44(11), 1901-1912.

Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A clinical interpretation of attitudes and behaviors associated with celebrity worship. The Journal of nervous and mental disease, 191(1), 25-29.

Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense‐personal celebrity worship and body image: Evidence of a link among female adolescents. British journal of health psychology, 10(1), 17-32.

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. 582-596. Malang: Psychology Forum Umm.

O’Guinn, T. C., & Faber, R. J. (1989). Compulsive buying: A phenomenological exploration. Journal of Consumer Research, 16, 147–157.

Omar, Nor Asiah., Wel, Che Aniza Che., Alam, Syed Shah., Nazri, Muhamad Azrin. (2015). Understanding Students Compulsive Buying of Apparel: An Empirical Study. Jurnal Personalia Pelajar. 18 (2). 107 – 113.

Prasojo, R. A., Maharani, D. A., & Hasanuddin, M. O. (2018). Mengujikan Internet Addiction Test (IAT) ke Responden Indonesia.

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68-80.

Putri, D. E., & Rositawati, S. (2020). Pengaruh Celebrity Worship terhadap Perilaku Compulsive Buying pada Dewasa Awal Anggota Komunitas Baia Bandung.

Rahyuni, O. (2019). Pengaruh Celebrity Worship, Self Esteem dan Kecanduan Internet terhadap Compulsive Buying dalam Membeli Merchandise Idola K-pop pada Fans BTS di Kebumen.

Reeves, R. A., Baker, G. A., & Truluck, C. S. (2012). Celebrity worship, materialism, compulsive buying and the empty self. Journal Psychology and Marketing, 29 (9), 67-87.

Setiawan, Y. (2016). Perilaku Konsumtif Penggemar Grup Idola JKT48 Dalam Fanbase WANI (Studi Kasus terhadap Enam Anggota Fanbase WANI) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tyas. (2017). Day6 resmi umumkan nama fandom yang terpilih dari hasil voting (http://hiburan.dreamers.id/article/63607/day6-resmi-umumkan-nama-fandom-yang-terpilih-dari-hasil-voting). diakses 20 Oktober 2020

Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Wijaya, A. P., & Yuniarinto, A. (2015). Pengaruh Hedonisme dan Materialisme Terhadap Kecenderungan Pembelian Kompulsif Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(1).

Wulandari, K. (2018). Pengaruh Kecanduan Internet dan Materialisme terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Online (Doctoral dissertation, Udayana University).

Downloads

Published

2021-08-25

Issue

Section

Articles