Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial terhadap kinerja karyawan promotor produk pada PT. Blue Ocean Heart Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p439-451Keywords:
Emotional Intelligence, Social Intelligence, Employee Performance, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Kinerja KaryawanAbstract
This study aims (1) to determine how the description of emotional intelligence, social intelligence, and employee performance, (2) to determine the effect of emotional intelligence on employee performance, (3) to determine the effect of social intelligence on employee performance. This research was conducted on 51 employees at a company engaged in the distribution or sales of Vivo smartphones in Malang, namely PT. Blue Ocean Heart, Malang city. The sampling technique in this study was the sample random sampling technique, and the data analysis technique used in this study was descriptive statistical techniques and multiple linear regression. The results of this study indicate: (1) the level of emotional intelligence, social intelligence, and employee performance is in the good or smart category, (2) emotional intelligence has a positive and significant effect on employee performance, (3) social intelligence has a positive and significant effect on employee performance.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana deskripsi kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kinerja karyawan, (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, (3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan terhadap 51 orang karyawan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi atau penjualan smartphone Vivo di kota Malang yaitu PT. Blue Ocean Heart kota Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sample random sampling dan analisis teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kinerja karyawan masuk dalam kategori baik atau cerdas, (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) kecerdasan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
References
Ambarita, F. A. (2014). Mengenal Kecerdasan Sosial. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementrian Keuangan. Jakarta. Diakses dari http://www. bppk. kemenkeu. go. id.
Amilia, S., & Purnama, R. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Pegawai PT. Indonesia Comnets Plus Di Bandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 1(1), 24–30.
Arikunto, S. (2010). Metode penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Collins, J. (2015). Good to Great. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.
Goleman, D, & Boyatzis, R. (2008). Social Intelligence and the Biology of Leadership. Harvard Business Review, 87(1), 108.
Goleman, Daniel. (2015). Social Intelligence: Ilmu baru Tentang Hubungan Antar manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (2017). Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ (Ketiga bel). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jorfi, H., Jorfi, S., & Moghadam, S. K. (2010). Impact of Emotional Intelligence on Performance of Employees at Manufacturing Organizations. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(3), 570–572.
Koloor, H. R., & Seifollahi, N. (2018). Investigating the effect of social intelligence on innovative performance (Case study: Moghan Agro-Industrial & Livestock Co). Revista Publicando, 5(16), 2.
Lathesh, K. R., & Avadhani, V. D. (2018). A study on social intelligence and its impact on employee performance of insurance sectors in mysuru city. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(1), 530–537.
Law, K. S., & Song, L. J. (2004). The Construct and Criterion Validity of Emotional Intelligence and Its Potential Utility for Management Studies. Journal of Applied Psychology, 89(3), 483–496.
Mamangkey, L. A. G., Tewal, B., & Trang, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Iq), Kecerdasan Emosional (Eq), Dan Kecerdasan Sosial (Sq) Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Wilayah Bank Bri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3208–3217.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mathis, R. L., & John, H. J. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Mudzakir, A., Muwaffiqillah, M., & Muzakki, I. (2018). Hubungan antara kecerdasan sosisal dengan produktivitas kerja karyawan bagian penjualan. Journal of Psychology and Islamic, 2(1), 51–68.
Pratama, A. Y., & Suhaeni, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(2), 51–62.
Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 1–20.
Silvera, D. H., Martinussen, M., & Dahl, T. I. (2001). The Tromso Social Intelligence Scale, A Self-Report Measure of Social Intelligence. Scandinavian journal of psychology, 42(4), 313-319.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiyarsih, W., Mujiasih, E., & Ariati, J. (2012). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 11(1), 19–27.
Utami, C. W. (2006). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Modern. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Utomo, F. H., & Suharyono. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Adaptive Selling dan Dampaknya Pada Kinerja Tenaga Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis, 49(2), 49–55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.