Dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan tinggi di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p209-218Keywords:
covid-19, pendidikan, kuliah online, dampakAbstract
Dengan adanya pandemik Covid-19 yang melanda dunia berdampak pada semua sektor bukan hanya sektor ekonomi saja tetapi sektor pendidikan juga terdampak. Proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan langsung di kelas akibatnya harus dilakukan melalui daring/online untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak yang terjadi akibat Covid-19 terhadap sektor pendidikan tepatnya perguruan tinggi di Kota Malang dengan menggunakan metode eksploratif dan analysis data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam model pembelajaran daring memiliki beberapa kendala bagi mahasiswa seperti mengeluarkan tambahan biaya untuk membeli paket data, penyampaian, dan penangkapan materi dalam model pembelajaran daring yang kurang maksimal sehingga hal ini memberikan dampak terhadap nilai Indeks Penilaian (IP).
References
Gao, J., Tian, Z., & Yang, X. (2020). Breakthrough: Chloroquine phosphate has shown apparent efficacy in treatment of COVID-19 associated pneumonia in clinical studies. In BioScience Trends. https://doi.org/10.5582/BST.2020.01047
MALANG, B. P. S. K. (2020). Kota Malang Dalam Angka 2020. CV. bima media mandiri.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research.
Rusli, R. K., & Kholik, M. K. (2013). Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30997/jsh.v4i2.468
Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wajdi, M. B. N., Iwan Kuswandi, Umar Al Faruq, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC : Journal of Education And Technology. https://doi.org/10.29062/edu.v3i2.42
Watnaya, a. Kusnayat, muiz, m. Hifzul, nani sumarni, M, A. Salim, & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eka Ramadanti, Imam Mukhlis, Sugeng Hadi Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.