PEMBUATAN MEDIA AJAR INTERAKTIF SEBAGAI BENTUK INOVASI DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SISWA SMP
Keywords:
Media Ajar, Inovasi, Informatika, SiswaAbstract
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong perlunya pengembangan wawasan dan kemampuan dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran, terutama yang digital, memiliki peran penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran dengan menawarkan konten interaktif dan aksesibilitas yang tinggi. Namun, sebagian besar pendekatan pengajaran masih mengandalkan metode ceramah dan buku paket, mengakibatkan minat belajar siswa menurun dan kurangnya pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar interaktif sebagai inovasi dalam pembelajaran informatika untuk siswa SMP, dengan fokus pada materi kolaborasi dalam masyarakat digital. Melalui pengembangan media ajar ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan mendukung proses pembelajaran di dalam kelas. Media ajar interaktif ini juga diharapkan dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara aktif dan praktis, meningkatkan minat belajar serta mengatasi keterbatasan fasilitas yang tersedia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
References
A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651
Bintang, S., Mulyana, D., & Medan, U. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Pada SMK Negeri 2 Medan. Jurnal Teknik …, 05, 246–251. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2582120&val=24271&title=Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Pada SMK Negeri 2 Medan
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924
Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.10477
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Riris Nurkholidah. (2023). Jurnal dunia pendidikan. 3, 197–211.
Setyawan. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada pembelajaran tematik kelas iv tema 6 sub tema 1 aku dan cita-citaku 1, 1–13.
Ulandari, M., Lesmana, C., & Santoso, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Inforrmatika Kelas VII SMP LKIA Pontianak. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 3(2), 49–61. https://doi.org/10.59784/glosains.v3i2.86
Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Susetyo Andri Wibowo 1 , Henny Dewi Koeswanti 2. 5(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.