PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Farah Nisa’ Salsabila Universitas Negeri Malang
  • Anik Nur Handayani Universitas Negeri Malang
  • Baskoro Arif Widodo Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pengembangan, LKPD, Teka Teki Silang, Informatika

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam pengembangan individu dan kemajuan suatu bangsa. Namun, tantangan dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa di SMP, terutama dalam pembelajaran Informatika, masih menjadi perhatian. Dalam era digital yang cepat berkembang, pembelajaran memerlukan inovasi dalam penyampaian materi. Salah satu tantangan utama adalah kebosanan akibat penyampaian materi yang monoton dan kurang menarik. Dalam konteks ini, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan penggunaan teknologi dan metode yang inovatif, menjadi solusi efektif. Penelitian ini mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis permainan Teka Teki Silang (TTS) untuk pembelajaran informatika di SMP, dengan tujuan memfasilitasi pemahaman konsep siswa dan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru. Model ADDIE digunakan sebagai kerangka kerja dalam pengembangan ini, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis TTS sangat efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi informatika dan sangat layak digunakan dilihat dari segi media dan materi. LKPD ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta memfasilitasi pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran informatika di SMP.

References

Alim, F. A. L. P., Ramlawati, Hasan, N. R., & Harisa, M. (2023). Penerapan LKPD Berbantu Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA di SMP Negeri 18 Makassar. 5(2), 874–879.

Andrianto, S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2522–2526. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1224

Anggraini, N., & Zulfah, Z. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Kelas XI SMA pada Tahapan Pleminary Research. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 23. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.729

Nilam, N., Fitri, R., & Selaras, G. H. (2023). Meta-analisis Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 4(2), 69. https://doi.org/10.26418/edunaturalia.v4i2.65774

Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Wicahyo, G. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Materi Perencanaan Pemasaran Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ISSN:2337-6708, 01(02), 2. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/23541/21521/

Downloads

Published

2024-07-04

Issue

Section

Articles