PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI, DAN PERSEPSI RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT GENERASI MILLENIAL DALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL
Keywords:
Pengetahuan, Motivasi, Persepsi Risiko, InvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, motivasi dan persepsi resiko berpengaruh terhadap minat generasi millenial yang berada di wilayah Kota Malang dalam berinvestasi di pasar modal. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus sampling dan ditemukan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier Berganda dan pengolahan data menggunakan SPSS versi 18. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat generasi millenial berinvestasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,573. Variabel motivasi berpengaruh terhadap minat generasi millenial berinvestasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,0005. Variabel persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat generasi millenial berinvestasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,524.
References
Ari Wibowo, P. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhdap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa yang Terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 1.
Azwar Haekal, B. W. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Inonesia . Journal of Business Management and Enterpreneurship Education Volume 1, Number 1.
Cahya, A. D., & Setyarini, E. (2020). Menguji Keputusan Berinvestasi Dari Perspektif Pembelajaran Pasar Modal, Kemajuan Teknologi, Uang Saku Mahasiswa Dan Bauran Pemasaran (Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi UST). Upajiwa Dewantara, 4(1), 13.
Daniel Raditya T, I. K. (2014). Pengaruh Pasar Modal Investasi Minimal Di BNI Sekuritas, Return, Dan Persepsi Terhadap Risiko Pada Minat InvestasiMahasiswa, Dengan Penghasilan Sebagai Variabel Moderasi . E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 3.7.
Fatimah, S., & Satrio, B. (2017). Pengaruh Cr, Der Dan Roe Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).
Febriyanti, N. (2022). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan social comparison terhadap self estem gen z (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prgram IBM SPSS 23, Edisi ke - 8 . Semarang: Univesitas Diponogoro.
Halim, A. (2015). Analisis Investasi di Aset Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hartati, N. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian . Bandung: Pustaka Setia.
Hati, S. W., & Harefa, W. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial. Journal of Applied Business Administration, 3(2), 281-295.
Himawan, A. (2011). Tinjauan ekonomi Islam terhadap transaksi finansial di pasar modal Indonesia.
Indonesia, B. E. (2019). Pengantar Pasar Modal. Retrieved September 12, 2019, from https://www.idx.co.id/investor/pengantar-pasar-modal/
Kominfo. (2016). Mengenal Generasi Millenial. Retrieved Oktober 1, 2019, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasimillennial/0/sorotan_media
Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS) Voll.1 No.2.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalu Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis ISlam, Vol. 3, No.1.
Masri Situmorang, A. R. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan USia Sebagai Variabel Moderat. JOM FEKON Vol. 1 No.2.
Nur Aini, M. J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang) . E-Jra Vol. 08 No. 05.
Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita Edisi 1.
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(1).
PUTRI, T. R. (2022). Analisis teknikal pergerakan harga saham untuk pengambilan keputusan sinyal membeli dan menjual saham (studi kasus pada emiten sub sektor food and beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia) (doctoral dissertation, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau).
Rahadi, D. R., & Stevanus, Y. (2020). Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen Investasi Masa Depan: Studi Literatur. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(2), 162-177.
Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Moda;, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future Jurnal manajemen dan Akuntansi Vol.5 (2).
Shodik, A. S. (2021). Komparasi analisis return dan risiko saham syariah dan saham non syariah di masa sebelum dan saat pandemi covid 19: Studi pada Indeks Saham JII dengan Indeks Saham LQ 45 Tahun 2019 dan 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
T. Hani Handoko, N. I. (2015). Manajemen dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Erlangga.
Timothius Tandio, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.16.3.
Trenggana, A. F. M., & Kuswardhana, R. (2017). Pengaruh informasi produk, risiko investasi, kepuasaan investor dan minat mahasiswa berinvestasi. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 1(1), 8-17.
Wahyuningsih, I. (2019). Investasi Generasi Millenial. Retrieved September 3, 2019, from https://geotimes.co.id/opini/investasi-generasi-milenial/
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.