KOLABORASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI
Keywords:
Kunjungan industri, Praktik kerja lapangan, Kesiapan kerjaAbstract
Tingginya angka pengangguran di kalangan lulusan SMK tampaknya disebabkan oleh dua faktor krusial. Faktor pertama, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki para lulusan justru lebih rendah atau bahkan tidak selaras dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan industri saat ini. Seolah terjadi mismatch antara apa yang diajarkan dengan kebutuhan nyata lapangan. Faktor kedua, minimnya daya serap dan lapangan pekerjaan yang tersedia bagi lulusan SMK di dunia usaha dan industry. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana kolaborasi sekolah menengah kejuruan dengan kegiatan kunjungan industri untuk meningkatkan kesiapan kerja dunia usaha dan dunia industri siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang jurusan Bisnis ritel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis disktiptif. Subyek penelitian ini adalah siswa jurusan bisnis ritel. Adapun objek dalam penelitian ini adalah analisis kegiatan kolaborasi sekolah menengah kejuruan dengan kegiatan kunjungan industri untuk meningkatkan kesiapan kerja dunia usaha dan dunia industri siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang jurusan Bisnis ritel. Hasil penelitian yaitu kegiatan praktik kerja lapangan yang memiliki peran sebagai ajang pengembangan profesionalisme, mendukung siswa dalam mengembangkan koneksi antara tugas sekolah dengan tugas lapangan, dan memaksimalkan peluang karir dan optimalisasi kinerja. Program keahlian pemasaran memiliki banyak relasi dalam berkolaborasi dengan mitra dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) diantaranya; Ramayana Department Store, Royal ATK, Gramedia Bookstore, dan Perusahaan retail lainnya. Siswa SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang jurusan Bisnis ritel melakukan kunjungan industri ke Ramayana Department Store yang melibatkan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang operasional perusahaan retail tersebut.
References
Alnursa, D. S., Lukman, S., & Abdullah, I. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 234-241.
Judijanto, L., Mayasari, N., Baruno, Y. H. E., Tasrip, T., & Rusdi, M. (2024). Analisis Pengaruh Kemitraan Sekolah-Industri dan Program Magang terhadap Keterampilan Kerja dan Kesiapan Karier Siswa SMK di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(03), 378-388.
Nasiri Hamrah, A., Fathi Vajargah, K., Aghasaleh, R., Safaei Movahhed, S., & Haghani, M. (2023). Internship in the impasse of the duality of theory and practice: representation, imitation, compatibility, and tension in the university-industry relationship. Studies in Higher Education, 48(12), 1856-1869.
Perdana, N. S. (2019). Optimalisasi keseimbangan pasar tenaga kerja lulusan smk. In Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 9, Issue 2).
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Yulia Rakhmawati, S. (2023). Optimalisasi RKAS Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Human Capital Di SMKN 3 Tuban. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1(3), 58–66. https://doi.org/10.55606/mri.v1i3.1260
Yundra, Mukhlason, A., Winanti, T., & Eppy Yundra. (2020). Analisa indikator smk penyumbang pengangguran di provinsi jawa timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.