Gaya hidup konsumtif dan pencitraan diri mahasiswa pengguna Instagram (Studi kasus pada mahasiswa kelas menengah di Kabupaten Jember)

Authors

  • Adillia Risky Cahyaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Iqbal Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p85-96

Keywords:

Cybermedia, Milenial, Role of Model, Instagram

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan fenomena gaya hidup pencitraan di media sosial instagram berdasarkan studi kasus pada mahasiswa kelas menengah yang ada di kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa kelas menengah. Informan pada penelitian ini yaitu mahasiswa kelas menengah yang tersebar di beberapa kampus yang ada di kabupaten Jember dan aktif sebagai selebgram atau endorsement produk pada media sosial instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kelas menengah di kabupaten Jember mencitrakan diri melalui empat hal antara lain pemilihan fashion dengan tujuan untuk menirukan tokoh yang dijadikan sebagai role model, kemudian aktivitas foodstagramming (makan cantik) dan juga kongkow di restoran atau cafe bergengsi untuk menunjukkan bahwa mereka adalah mahasiswa yang memiliki selera tinggi dalam mengonsumsi makanan, selanjutnya melalui gaya hidup kaum milenial dalam perspektif cybermedia yang ditandai dengan berbagai macam pencitraan dalam bentuk unggahan foto maupun video di media sosial instagram, terakhir yaitu budaya konsumtif bagi kaum milenial yang menerangkan bahwa mayoritas mahasiswa yang melakukan pencitraan yaitu mereka yang berasal dari kelas sosial menengah dengan jatah uang saku lebih dari cukup setiap bulannya, sehingga mereka cenderung berperilaku konsumtif.

References

Afdholy, N. (2019). Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(1), 43–53. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i1.8681

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270

Destriana, N. M. (2019). Hiperrealitas Masyarakat Surakarta pada Makanan (Fenomena Makan Cantik dan Foodstagramming Pemuda di Surakarta).

Febriana, M. (2016). Hiperrealitas “Angka” dalam Instagram (Studi Fenomenoogi tentang Dampak Media Sosial dikalangan Peserta Didik SMA Negeri 4 Surakarta). SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2)

Fitria, H. (2015). Hiperrealitas dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik di Senopati pada Masyarakat Perkotaan). Informasi, 45(2), 87–100. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985

Lestari, L. P. (2021). Konstruksi Identitas Anak Muda Urban Dalam Memanfaatkan Coffee Shop

Cahyaningtyas, A. R. (2019). Gaya Hidup Pencitraan Mahasiswa Pengguna Instagram.

Nasrullah, N. R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (cybermedia). Kencana.

Downloads

Published

2021-01-30

Issue

Section

Articles