Peningkatan hasil belajar siswa SMK dengan bantuan e-LKPD hots berbasis mobile learning
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v2i32022p332-343Keywords:
E-LKPD HOTS, Facilities and Infrastructure Administration, Learning Outcomes, Administrasi Sarana dan Prasarana, Hasil BelajarAbstract
The purpose of this research is to create a mobile learning-based high-order thinking E-LKPD product that is feasible and effective in improving student learning outcomes in Facilities and Infrastructure Administration Subjects. Types of research and development using a modified version of the research phase according to Borg and Gall. Subjects in the study included expert validators, a small group of 9 students, and 36 students of class XI OTKP 2 as the experimental class. Quantitative data were obtained from the results of the validation questionnaire scores, user questionnaires (small groups), and posttest scores. Qualitative data obtained from interviews, criticism, and suggestions. To see the difference in the comparison of student learning outcomes between the control and experimental classes using the average formula. .
Tujuan penelitian ini untuk menciptakan sebuah produk E-LKPD berpikir tingkat tinggi (HOTS) berbasis mobile learning yang layak dipergunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana. Jenis Penelitian dan pengembangan menggunakan versi modifikasi tahap penelitian menurut Borg and Gall. Subjek dalam penelitian meliputi validator ahli, kelompok kecil yang berjumlah 9 orang siswa, dan 36 orang siswa kelas XI OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket validasi, angket pengguna (kelompok kecil), dan skor posttest. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, kritik, serta saran. Untuk melihat adanya selisih perbandingan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen menggunakan rumus rata-rata. Hasil akhir dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berpikir tingkat tinggi (HOTS) berbasis mobile learning layak dipergunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran siswa serta efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Apriani, E., Dewi, R. S., Andriana, E., Studi, P., Profesi, P., Fakultas, G., & Pendidikan, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pesrta Didik Dengan Menggunakan LKPD Berbasis HOTS Kelas VI SDN Tegal Dawa. 1, 11–22.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edusains, 4(May), 31–48.
Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 39–45.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com
Kamasi, N. V. V., & Saruan, T. J. (2020). Mobile Learning (M-Learning) Based Learning Application Design for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sains, 20(2), 70. https://doi.org/10.35799/jis.20.2.2020.27877
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Muyaroah, S. (2017). Efektifitas Mobile Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 23–27.
Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.
Putri, Y. D. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantuan Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP Di Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041–1047.
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (Hots). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Roihanah, H., & Rochmawati. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Perbankan Dasar Kelas X SMK. JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.25210
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–244. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123
Sari, E. N., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI Semester 2. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4469–4483. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2709
Setiawati, N., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika di SMA. Pengembangan Mobile Learning ( M-Learning ), 178–186. http://www.uin-suka.ac.id
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Teti, & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. 5(3), 45–58.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E- LKPD Interkatif Hukum Newton Berbasis Mobile Learning Menggunakan Live Worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.