Faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan kredit konsumtif pada aparatur sipil negara Kecamatan Lumajang

Authors

  • Rangga Adi Caksana Universitas Negeri Malang
  • Dwi Wulandari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i92021p889-905

Keywords:

financial literacy, the nature of materialism, gender, level of education, consumer credit, literasi keuangan, sifat materialism, jenis kelamin, tingkat pendidikan, kredit konsumen

Abstract

Abstract

This study aims to explain the influence of financial literacy, the nature of materialism, gender, level of education on consumer credit decision making in the State Civil Apparatus of Lumajang District. The total sampling based on the 10 percent slovin formula was 46 people, the sampling in this study used simple random sampling. Based on the results of the t test, it shows that financial literacy and the nature of materialism have a positive and significant effect, while gender and education level have a negative and significant effect.

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh dari literasi keuangan, sifat materialisme, jenis kelamin, dan tingkatan pendidikan, pada pengambilan keputusan kredit para konsumen yang merupakan pegawai negeri sipil di Kabupaten Lumajang.  Sejumlah 46 orang sampel diambil menggunakan rumus 10 persen Slovin dan simple random sampling. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa literasi keuangan dan sifat materialism memiliki efek yang positif dan signifikan, sedangkan jenis kelamin dan tingkat pendidikan menunjukan efek negative dan signifikan.

References

Afif, N., Ubaidillah, A., & Sulhan, M. (2020). Konsep Kesetaraan Gender Perspektif Fatima Mernissi dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 229–242.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke-12. Jakarta. Rineka Cipta.

Aryani, D. (2020). PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT. IIB DARMAJAYA.

Badan Kepegawaian Daerah. (n.d.). Pemerintah Kabupaten Lumajang Rekapitulasi Data Kepegawaian. https://bkd.lumajangkab.go.id/dashboard/index.php

Bank Indonesia. (n.d.-a). Pertumbuhan Kredit Baru Triwulan IV 2020 Diprakirakan Meningkat. Www.Bi.Go.Idd. https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Pertumbuhan-Kredit-Baru-Triwulan-IV-2020-Diprakirakan-Meningkat.aspx

Bank Indonesia. (n.d.-b). Survei Perbankan Triwulan I 2020 Pertumbuhan Triwulanan Kredit Baru Melambat. Www.Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Survei-Perbankan-Triwulan-I-2020-Pertumbuhan-Triwulanan-Kredit-Baru-Melambat.aspx

Bank Indonesia. (n.d.-c). Survei Perbankan Tw II – 2020 : Pertumbuhan Kredit 2020 Diprakirakan Melemah. Www.Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Survei-Perbankan-Tw-II-2020-Pertumbuhan-Kredit-2020-Diprakirakan-Melemah.aspx

Bungin, P. D. H. M. B., & Sos, S. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua. Kencana.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128.

Chinen, K., & Endo, H. (2012). Effects of attitude and background on personal financial ability: A student survey in the United States. International Journal of Management, 29(1), 33.

Cloutier, J., & Roy, A. (2020). Consumer Credit Use of Undergraduate, Graduate and Postgraduate Students: An Application of the Theory of Planned Behaviour. Journal of Consumer Policy, 1–28.

Collins, R. (1988). Women and men in the class structure. Journal of Family Issues, 9(1), 27–50.

Darmawan, A., & Fatiharani, D. (2019). LITERASI KEUANGAN, FAKTOR DEMOGRAFI DAN AKSES PERMODALAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT USAHA SEKTOR INFORMAL.

databoks. (2020). Nilai Transaksi Kartu Kredit Indonesia Terus Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/28/nilai-transaksi-kartu-kredit-indonesia-terus-meningkat

de Matos, C. A., Vieira, V., Bonfanti, K., & Mette, F. M. B. (2019). Antecedents of indebtedness for low-income consumers: the mediating role of materialism. Journal of Consumer Marketing.

Ergün, K. (2018). Financial literacy among university students: A study in eight European countries. International Journal of Consumer Studies, 42(1), 2–15.

Hadad, M. D., Santoso, W., & Alisjahbana, A. (2004). Model dan Estimasi Permintaan dan Penawaran Kredit Konsumsi Rumah Tangga di Indonesia. Bi. Go. Id, 1–26.

Hafizhah, I., Basri, Y. M., & Rusli, R. (2016). Pengaruh Etika Uang (Money Ethics) terhadap Kecurangan Pajak (Tax Evasion) dengan Religiusitas, Gender, dan Materialisme sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Wp Op yang Melakukan Kegiatan USAha atau Pekerjaan Bebas di Pekanbaru). Riau University.

Hamriah, H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gender terhadap Pengambilan Keputusan Kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Panakkukang Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Handayani, T., Sugiarti, & Dharma, S. (2008). Konsep dan teknik: penelitian gender. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Press.

Hao, Y., Liu, S., Jiesisibieke, Z. L., & Xu, Y.-J. (2019). What determines university students’ online consumer credit? Evidence from China. SAGE Open, 9(1), 2158244019833594.

Indonesia, G. B. (2005). Peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/2/pbi/2005 Tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank umum. Bank of Indonesia Regulation, 7/2.

Indonesia, Pemerintah Republik. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Indonesia, Presiden Republik. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Iqbal, N., & Aslam, N. (2016). Materialism, Depression, and Compulsive Buying among University Students. International Journal of Indian Psychology, 3(2), 91–102.

Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revi). Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P. dan G. A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 J). Erlangga.

Liao, J., & Wang, L. (2009). Face as a mediator of the relationship between material value and brand consciousness. Psychology & Marketing, 26(11), 987–1001.

Limbu, Y. B., Huhmann, B. A., & Xu, B. (2012). Are college students at greater risk of credit card abuse? Age, gender, materialism and parental influence on consumer response to credit cards. Journal of Financial Services Marketing, 17(2), 148–162.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.

Mason, C. L. J., & Wilson, R. M. S. (2000). Conceptualising fi-financial literacy. Occasional Paper, 7.

Mueller, A., Claes, L., Mitchell, J. E., Faber, R. J., Fischer, J., & de Zwaan, M. (2011). Does compulsive buying differ between male and female students? Personality and Individual Differences, 50(8), 1309–1312.

Nitawati, E. Y. (2020). LITERASI KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT. Jurnal Manajemen STIE ABI Surabaya, 2(2).

Ponchio, M. C., & Aranha, F. (2008). Materialism as a predictor variable of low income consumer behavior when entering into installment plan agreements. Journal of Consumer Behaviour: An International Research Review, 7(1), 21–34.

Pradhan, D., Israel, D., & Jena, A. K. (2018). Materialism and compulsive buying behaviour: The role of consumer credit card use and impulse buying. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi.

Richins, M. L. (2011). Materialism, transformation expectations, and spending: Implications for credit use. Journal of Public Policy & Marketing, 30(2), 141–156.

Riduwan, M. B. A. (2010). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Rita, M. R., & Kusumawati, R. (2015). Pengaruh variabel sosio demografi dan karakteristik finansial terhadap sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku menggunakan kartu kredit (studi pada pegawai di UKSW Salatiga). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 109–128.

Rohrke, A., & Robinson, L. (2000). Guide to Financial Literacy Resources. Journal of Financial Literacy.

Sari, F. K. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT DENGAN REFERENCE GROUP SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BADAN KREDIT DESA (BKD) GOMBONG. Universitas Negeri Yogyakarta.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen edisi ketujuh. Jakarta (ID): PT Index Group.

Setiawan, K., & Kusrini, E. (2010). Ekonometrika. CV, Andi Offset, Yogyakarta, 55281, 10–12.

Tsalitsa, A., & Rachmansyah, Y. (2016). Analisis pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap pengambilan kredit pada PT. Columbia cabang kudus. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1).

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA. (n.d.). https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2014/5TAHUN2014UU.htm

Winatha, R. G., & Sukaatmadja, I. P. G. (2014). Pengaruh Sifat Materialisme Dan Kecanduan Internet Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Secara Online. Udayana University.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26.

Zahara, I. (1981). Dasar-dasar kependidikan. Padang: Angkasa Raya.

Zainudin, R., Mahdzan, N. S., & Yeap, M.-Y. (2019). Determinants of credit card misuse among Gen Y consumers in urban Malaysia. International Journal of Bank Marketing.

Downloads

Published

2021-09-15

Issue

Section

Articles