Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga, intensitas komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Malang

Authors

  • Destha Rarantika Gandhi Universitas Negeri Malang
  • Wahjoedi Wahjoedi Universitas Negeri Malang
  • Sri Umi Mintarti Universitas Negeri Malang
  • Yohanes Hadi Soesilo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i92021p836-843

Keywords:

family economics learning, peers, consumption behavior, pendidikan ekonomi keluarga, teman sebaya, perilaku konsumsi

Abstract

Abstract

The current rapid modernization must also have an influence on students' consumption. This study aims to determine the effect of the independent variable, namely the intensity of economic learning in the family and the intensity of communication with peers on the dependent variable, namely the consumption behavior of the 2018 Economics Education S1 students, State University of Malang partially and simultaneously. This research is a quantitative research with the type of explanatory research which aims to explain the influence of the independent variable on the dependent variable and to find out how much influence these variables have. Suggestions from this study are: (1) students are expected to be able to apply economic learning that has been taught in the family to realize rational consumption behavior in daily life, 2) students are expected to be in a peer environment and be able to bring good influence because they have received economic learning from his family so that he is able to consume rationally.

Abstrak

Pesatnya kemajuan saat ini membawa pengaruh pada konsumsi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek dari variable bebas, berupa intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga dan komunikasi dengan teman sebaya, pada variable terikat, yaitu perilaku konsumsi dari mahasiswa S1 pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif tipe eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variable bebas pada variable terikat. Dari hasil yang didapatkan, maka:  1) para mahasiswa diharapkan mampu menggunakan pembelajaran ekonomi yang sudah di dapatkan di keluarga untuk mewujudkan perilaku konsumsi rasional dalam kehidupan sehari-hari, 2) para mahasiswa juga diharapkan untuk mempunyai lingkungan teman sebaya dan mampu memberikan pengaruh baik karena mereka telah mendapatkan pembelajaran ekonomi yang dapat menuntun mereka untuk melakukan konsumsi rasional.

References

Abdullah, Imron. (2003). Pendidikan Keluarga bagi Anak. 2003. Cirebon: Lektur.

Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya : Airlangga University Press.

Arin Mafaza, Suci. (2015). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga, Kelompok Teman Sebaya, Dan Iklan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Chrisnawati, D., & Sri, M. A. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. Jurnal Spirits, 2(1).

Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29-35.

Drifanda, V., & Ragaan, K. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 36-41.

Dwi Anisaputri, Belyra. (2015). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Kontrol Diri, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2017 Universitas Negeri Malang.

Engel, JF., Blackwell, Roger D., Miniard, Paul W. (1994). Perilaku Konsumen (jilid 1). Jakarta: Binarupa Aksara

Firdiansyah, Y. (2016). Peranan Pendidikan Ekonomi Keluarga dalam Membentuk Perilaku Ekonomi Siswa. National Conference on Economic Education 2016.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Hanifah, N. (2016). Sosiologi Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Hidayatun, U. (2015). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Dukungan dengan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hurlock, E., B. (2004). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND" Jurnal Ekonomi dan Pendidikan", 1(1), 27-33.

Inanna, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Mewujudkan Perilaku Ekonomi Mahasiswa Yang Rasional. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 64-67.

Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas pendidikan ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Lermitte, P W & Jennifer, M. (2004). Agar Anak Pandai Mengelola Uang Making Allowances. Jakarta : Gramedia

M. Al-Mighwar, (2006). Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Bandung : Pustaka Setia

Fitria, E. M. (2015). Dampak online shop di instagram dalam perubahan gaya hidup konsumtif perempuan shopaholic di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 117-128.

Narmaditya, B. S. (2013). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi dimediasi literasi ekonomi dan gaya hidup pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas negeri malang angkatan 2011. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1).

No, U. U. (20). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: Indeks.

Risnawati, R., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430-436.

Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta : Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2003) Adolescene: Perkembangan Remaja, Edisi 6. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, Edisi 7. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Shalahuddinta, A. (2014). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, I. (2017). Pentingnya Pendidikan Informal Tentang Ekonomi Pada Keluarga Transmigran. DOI: 10.17977/um022v2i22017p089. Hhtp. journal2. im. ac. id/index. php/jtppips/https://www. researchgate. net/publication/322576018_Pentingnya_Pendidikan_I nformal_Tentang_Ekonomi_Pada_Keluarga_Transmigran. Diakses, 2.

Supranto, J. (2000). Statistik: Teori dan Aplikasi Edisi Keenam. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tambunan. (2001). Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jakarta: Erlangga.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.

Wijayanti, A. K. (2016). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI di SMA N 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2).

Downloads

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles