Penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM di masa pandemi

Authors

  • Rohmawati Nurlaila Universitas Negeri Malang
  • Agung Haryono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p784-798

Keywords:

economics education of family, MSMEs actors, MSMEs business, pendidikan ekonomi keluarga, masyarakat pelaku UMKM, bisnis UMKM

Abstract

Economics education of family is part of informal education which is done unprogrammed.  Economics education of family is very important to be given to children to make them effective, efficient, and rational human beings in managing finances and utilizing existing resources. The purpose of this study was to determine the values of family economic education through family financial management, provision of pocket money, saving habits and living frugally, child consumption, and entrepreneurial spirit which is applied by families of MSMEs in Rejoso Hamlet, Junrejo Village, Junrejo District, Batu City. This study used a descriptive qualitative approach with a case study research type. The data collection stage includes observation, interviews, and documentation. The result of this research is that family financial management during the pandemic depends on the running business of the family, giving pocket money to children during the pandemic is carried out using a "need to ask" system. During the pandemic, the informant's child was saved from helping their parents' businesses. In terms of consumption, the informant's child has his expenditure record for each expenditure made. Informants also invite children to take part in the work of parents and involve children in family businesses and provide salaries to children like employees in general.

Abstrak

Pendidikan ekonomi keluarga merupakan bagian dari pendidikan informal yang dilaksanakan secara tidak terprogram. Pendidikan ekonomi keluarga sangat penting diberikan kepada anak untuk menjadikan anak sebagai manusia yang efektif, efisien dan rasional dalam mengelola keuangan dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga melalui pengelolaan keuangan keluarga, pemberian uang saku, kebiasaan menabung & hidup hemat, konsumsi anak, dan semangat wirausaha yang diterapkan keluarga pelaku UMKM di Dusun Rejoso, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Tahap pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan keuangan keluarga pada masa pandemi tergantung pada usaha yang dijalankan, pemberian uang saku kepada anak pada masa pandemi dilakukan dengan sistem “butuh minta”. Pada masa pandemi, anak informan menabung dari hasil membantu usaha orang tua. Dalam hal berkonsumsi, anak informan memiliki catatan pengeluaran sendiri untuk setiap pengeluaran yang dilakukan. Informan juga mengajak anak untuk ikut serta dalam pekerjaan orang tua serta melibatkan anak dalam usaha keluarga dan memberikan gaji kepada anak seperti karyawan pada umumnya.

References

Daftar Rujukan

Alam S, (2013). EkonomiUntuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Alfiah, Nur. (2015). Pendidikan Karakter Kewirausahaan Anak Di Kompleks Pasar Sudu Kelurahan Kambiolangi Kabupaten Enrekang.

Andrew, V., & Linawati, N. (2014). Hubungan faktor demografi dan pengetahuan keuangan dengan perilaku keuangan karyawan swasta di Surabaya. Finesta, 2(2), 35-39

Ardiana, M. (2017). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK Se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(1), 59-75.

Asmawan, M. (2017). Dampak mata kuliah praktek kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk berwirausaha.

Ayuningtyas, T. (2014). Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Bank Indonesia. (2015). Pengelolaan Keuangan. .Grup Pengembangan Keuangan Inklusif Departemen Pengembangan Akses Keuangan Dan Umkm Bank Indonesia.

Bosma, N., Wennekers, S., & Amorós, J. E. (2011). Extended report: Entrepreneurs and entrepreneurial employees across the globe. London (GB): Global Entrepreneurship Research Association.

Brief. (2012). Youth Financial Inclusion: Complementing Financial Education with Account Access. Journal for financial security, Vol. 5 No. 1, (PP: 1-4).

Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29-35.

Fadila, R. U. (2020). 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

Hadley, J. (2011). Mengelola Uang Saku. Jakarta: Pakar Raya

Harsono, H., & Budiyanto, S. M. (2015). Membidik Mahasiswa Sebagai Calon Wirausahawan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 34-45.

Hasan, M. (2016). Pengembangan pola pendidikan ekonomi informal sebagai upaya untuk pembentukan perilaku ekonomi yang baik. In Prosiding Seminar Nasional" Mega Trend Inovasi dan Kreasi Hasil Penelitian dalam menunjang Pembangunan Berkelanjutan" hal (pp. 82-87).

Kamus, T. P. (2015). Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Lail, J. (2015). Program Sentono Menabung. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 54-57.

Marteniawati, R. (2012). Mental Accounting dalam Pengelolaan Uang Saku Pada Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Narmaditya, B. S. (2013). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1).

Nasional, K. P. (2010). Universitas Negeri Malang. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi ke lima.

Ningrum, M. A. (2017). Peran keluarga dalam menumbuhkan jiwa wirausaha sejak usia dini. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 39-43.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.

Silvy, M., & Yulianti, N. (2013). Sikap pengelola keuangan dan perilaku perencanaan investasi keluarga di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 57-68.

Soemanagara, D. F. (2019). Kampung UMKM Batu Masih Butuh Dukungan Berbagai Pihak: https://mnews.co.id/read/fokus/kampung-umkm-batu-masih-butuh-dukungan-berbagai-pihak/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sulaeman, D. Humalik. (2012). Psikologi Remaja Dimensi-Dimensi Perkembangan. Bandung : CV. Mandar Maju.

Suryani, I. (2018). Pentingnya pendidikan informal tentang ekonomi pada keluarga transmigran. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 94-100.

Utami, S. D., & Suranto, S. P. (2018). Pembentukkan Karakter Entrepreneurship dalam Mata Kuliah Praktek Kewirausahaan pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Vhalery, R., Leksono, A. W., & Irvan, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Usia, dan Bimbingan Orang Tua terhadap Pengelolaan Uang Saku Mahasiswa UNINDRA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 10-17.

Vito, I. (2013). Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Terhadap Rasionalitas Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Widayati, I. (2012). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. (Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Widyawati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 1(1), 89-99.

Wirjono, E. R., & Raharjono, A. B. (2012). Survei pemahaman dan pemanfaatan informasi akuntansi dalam usaha kecil menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. AUDI Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 7(2).

Downloads

Published

2021-12-14

Issue

Section

Articles