Pengaruh literasi ekonomi dan literasi keuangan terhadap sikap tentang gaya hidup hedonis mahasiswa aktivis UKM organisasi pecinta musik (OPUS) 275 Universitas Negeri Malang

(Gaya hidup hedonis berdasarkan pendapatan)

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Negeri Malang
  • Wahjoedi Wahjoedi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p746-752

Keywords:

economic literacy, financial literacy, hedonic lifestyle, literasi ekonomi, literasi keuangan, gaya hidup hedonis

Abstract

Abstract

Research has been carried out on the effect of economic literacy and financial literacy on attitudes about hedonic lifestyles. This study aims to determine whether there is a partial or simultaneous influence of economic literacy and financial literacy on attitudes about hedonic lifestyles. This study uses a quantitative research method that is explanatory by explaining the effect of the independent variable on the dependent variable. The results showed that there was no significant and significant effect between economic literacy and financial literacy on attitudes about life partially, but there was a significant and significant effect of economic literacy and financial literacy on attitudes about hedonic lifestyles simultaneously.

Abstrak

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh literasi ekonomi dan literasi keuangan terhadap sikap tentang gaya hidup hedonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan literasi ekonomi dan literasi keuangan terhadap sikap tentang gaya hidup hedonis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanasi dengan menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh dan signifikan antara literasi ekonomi dan literasi keuangan terhadap sikap tentang gaya hidup secara parsial, namun terdapat pengaruh dan signifikan literasi ekonomi dan literasi keuangan terhadap sikap tentang gaya hidup hedonis secara simultan.

References

Anifah, s. (2020). Pengaruh literasi keuangan, kontrol diri dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif dengan gaya hidup sebagai variable intervening (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga).

Aryani, N., & Yulaika, R. (2021). Pengaruh Literasi Finansial dan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Shopping Lifestyle Mahasiswa Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik 2019/2020. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(1), 14-25.

Eka, A., & Harsono, S. U. (2018). Gaya Hidup Ditinjau Dari Lingkungan Pergaulan Dan Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hapsari, E. I. (2012). Kekuatan rasio keuangan dalam memprediksi kondisi financial distress perusahaan manufaktur di BEI. JDM Jurnal Dinamika Manajemen, 3(2).

Haryono, A. (2013). Pengaruh Persepsi Proses Pembelajaran, Penilaian dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Literasi Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(1), 09-17.

Keuangan, O. J. (2017). Otoritas Jasa Keuangan. Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Keuangan, O. J. (2017). Survey nasional literasi dan inklusi jasa keuangan 2016. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di kota Malang. In Psychologi Forum UMM (1998) (pp. 978-79).

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purnama, H. M., & Yuliafitri, I. (2019). Efektivitas Gerakan Literasi Keuangan Syariah Dalam Mengedukasi Masyarakat Memahami Produk Keuangan Syariah. Banque Syar'i: Jurnal llmiah Perbankan Syariah, 5(1).

Rahayu, A. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Modernitas terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS Sman 1 Segedong. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(10).

Sari, N. E., & Andriani, D. N. (2019). Gaya Hidup Hedonis Ditinjau Dari Kecerdasan Finansial Mahasiswa Di Kota Madiun. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 21-26.

Solihat, A. N., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1-13.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Waluyo, F. I. A., & Marlina, M. A. E. (2019). Peran Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Keuangan Mahasiswa.

Downloads

Published

2021-12-14

Issue

Section

Articles