Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media Mobile Learning berbasis Ispring Suite 9 pada mata pelajaran kearsipan (PVar Spring)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p494-501Keywords:
penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, ispring suite 9, kearsipan, hasil belajarAbstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan tidak bisa dihindari dan berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Hal ini menjadi salah satu tuntutan guru agar dapat berinovasi serta lebih kreatif dalam penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media mobile learning berbasis Ispring Suite 9 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk media pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan delapan menu dan fitur yang disusun untuk mempermudah dalam penggunaannya. Ukuran file media hanya 11,5MB yang tidak memakan penyimpanan terlalu banyak. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg & Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi media mobile learning berbasis Ispring Suite 9 pada mata pelajaran Kearsipan khususnya Pemeliharaan Arsip/Preservasi Arsip yang diberi nama PVar Spring. Produk media telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media dan 6 peserta didik uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pada uji coba kelompok besar yang menunjukkan hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PVar Spring layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kearsipan.
References
Agbo, I. S. (2015). Factors Influencing the Use of Information and Communication Technology (ICT) in Teaching and Learning Computer Studies in Ohaukwu Local Government Area of Ebonyi State-Nigeria. Journal of Education and Practice 6(7), 71.
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118-124.
Alshurideh, M. T., Salloum, S. A., Al Kurdi, B., Abdel Monem, A., & Shaalan, K. (2019). Understanding the Quality Determinants that Influence the Intention to Use the Mobile Learning Platforms: A Practical Study. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(11), 157. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10300
Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01-09.
Chuchu, T., & Ndoro, T. (2019). An Examination of the Determinants of the Adoption of Mobile Applications as Learning Tools for Higher Education Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(03), 53. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i03.10195
Churiyah, M., Basuki, A., Dharma, B. A., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Mobile Learning Application Berbasis Android : Peran Guru Dalam Pembelajaran Peserta Didik Gen Z & Alfa. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 283-295.
Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Elfeky, A. I. M., & Yakoub Masadeh, T. S. (2016). The Effect of Mobile Learning on Students’ Achievement and Conversational Skills. International Journal of Higher Education, 5(3), p20. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p20
Erlinawati, N. A., Suherman, U., & Darmawan, D. (2016). Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Praktikum Mahasiswa Stikes Karsa Husada Garut. Pedagogia, 14(2). https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3879
Firdausi, R., & Santosa, A. B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smartphone Android Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Studi Pada Siswa KELAS XI TAV SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126
Indahini, R. S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.
Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android Dengan Cepat Menggunakan Ispring Untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66-72.
Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. PT Rajagrafindo Persada.
Kurniawan, H. (2017). Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Android (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi IIB Darmajaya). Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 8(1).
Little, B. (2012). Effective And Efficient Mobile Learning: Issues And Tips For Developers. Industrial and Commercial Training, 44(7), 402–407. https://doi.org/10.1108/00197851211267983
Little, B. (2013). Issues In Mobile Learning Technology. Human Resource Management International Digest, 21(3), 26–29. https://doi.org/10.1108/09670731311318361
Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation Of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 11(3), 168.
Oyelere, S. S., Suhonen, J., & Sutinen, E. (2016). M-Learning: A New Paradigm of Learning ICT in Nigeria. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 10(1), 35. https://doi.org/10.3991/ijim.v10i1.4872
Praseptiawan, M., Sujana, D., & Djuanda, M. (2018). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) STKIP Setiabudhi Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Mahasiswa. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 2, 13-18.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. PT Balebat Dedikasi Prima.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2017). Pengembangang M-Learning Untuk Mendukung Kemandirian Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Ramadani, E. M. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan PowerPoint Ispring Suite 9 dengan Model POE2WE pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(3).
Rochma, V. A., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 8(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.