Pengembangan sistem kearsipan elektronik surat masuk dan surat keluar berbasis website pada unit tata usaha SMK pgri 2 Malang

Authors

  • Amanda Safitri Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p488-493

Keywords:

sistem kearsipan elektronik, surat masuk, surat keluar, website

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi yang dijalankan dengan baik dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi dalam melaksanakan pekerjaan kegiatan organisasi khususnya dalam bidang arsip. Menurut penuturan dari karyawan unit tata usaha di SMK PGRI 2 Malang masih menggunakan cara manual dan konvensional serta belum tertata dengan baik yang menimbulkan permasalahan seperti arsip yang hilang dan susahya untuk menemukan kembali arsip. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah Menghasilkan aplikasi sistem penyimpanan arsip berbasis website melalui uji coba kelayakan untuk mempermudah penyimpanan arsip di SMK PGRI 2 Malang. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah, teknik pengumpulan data berupa angket dengan skala likert. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus persentase untuk kemudian dikategorikan dalam jenjang kevalidan.Hasil penelitian ini berupa sistem kearsipan elektronik menggunakan basis website untuk mendukung kegiatan pengolahan arsip agar berjalan dengan efektif dan efisien. Sistem bernama siperi dapat diakses dengan menggunakan smartphone maupun PC yang diakses secara online dengan web address siperi.tech. siperi dilengkapi beberapa menu yang seperti penyimpanan arsip,peminjaman arsip, laporan arsip.

References

Andi (2011) Membangun Website tanpa Modal. yogyakarta: andi.

Geovanne Farell, Hadi Kurnia Saputra, I. N. (2018) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp)’, Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 55-62.

Muhidin, S. A., Winata, H. and Santoso, B. (2018) ‘Pengelolaan Arsip Digital’, Pendidikan Bisnis & Manajemen, 2(3), pp. 425–426. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1708.

Nyfantoro, F., Salim, T. A. and Mirmani, A. (2020) ‘Perkembangan Pengelolaan Arsip Elektronik di Indonesia: Tinjauan Pustaka Sistematis’, Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 3(1), p. 1. doi: 10.22146/diplomatika.48495.

Sugiyono (2011) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, A. D. L. and Jumino, J. (2018) ‘Pemanfaatan Aplikasi E-Surat Dalam Mendukung Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah’, Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), pp. 71–80. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22920.

Vironica, A. (2013) ‘Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nawangan’, Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(4).

Downloads

Published

2021-05-28

Issue

Section

Articles