Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (Studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p470-478Keywords:
e-modul, flip builder, marketingAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang diperlukan seorang guru lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar sesuai dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Salah satu diantara perkembangan teknologi didunia pendidikan adalah e-modul. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara dengan guru mata pelajaran Marketing di SMKN 1 Turen, diperoleh informasi bahwa media pembelajaran yang dilakukan dikelas yaitu papan tulis, power point, LCD serta handout sebagai sumber belajar yang dibagikan setiap pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder. (2) Mengetahui kelayakan produk e-modul Marketing berbantuan Flip Builder. (3) Mengetahui respon siswa terhadap media e-modul Marketing berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran Marketing siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba Produk, Revisi produk 1, Uji coba pemakaian, Revisi produk 2 dan Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 3 SMKN 1 Turen dengan jumlah siswa 35 orang. Hasil penelitian media e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder yaitu: Hasil validasi ahli media sebesar 96% yang memperoleh kriteria sangat valid dan layak diuji cobakan di lapangan. Hasil validasi ahli materi 1 sebesar 76% dan ahli materi 2 sebesar 73% yang memperoleh kriteria cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi. Hasil validasi siswa uji terbatas sebesar 86,25% dengan kriteria sangat positif sedangkan uji coba lapangan didapatkan rata-rata 91,07% yang berarti kategori respon siswa sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan e-modul berbantuan Flip Builder sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk pengembangan e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder selanjutnya yaitu : (1) Materi yang disajikan dalam e-modul dapat di ubah sesuai perkembangan jaman, (2) Dapat merancang media pembelajaran dengan konten warna, gambar, animasi,serta tema yang lebih baik lagi. (3) E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder dapat dikembangkan pada mata pelajaran lainnya.
References
Akbar, S. D. (2013). Instrumen Perangkat Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Apsari dan Kustijono. (2017). Development of E-book using kvisoft flipbook maker to train science process skill for senior high school student in curriculum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, (JIPF) Vol. 06 No. 03, September 2017, 285-291 ISSN: 2302-4496
Fonda, A. & Sumargiani. (2018). The developing math electronic module with scientific approach using kvisoft flipbook maker pro for XI grade of senior high school students. Infinity Journal, Volume 7, No. 2, September 2018 p–ISSN 2089-6867 e–ISSN 2460-9285 DOI 10.22460/infinity.v7i2.p109-122
Habidah,M. (2020). Pengembangan e-modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menganalisis segmentasi pasar di kelas X SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga,(JPTN) Volume 8 No 3 Tahun 2020 ISSN 2337-6078
Hardiansyah, D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu,Volume 01 Nomor 02 Tahun 2016, 5-11
Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1)
Kemendikbud, D. J. P. D. dan M. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017. https://www.scribd.com/document/363932464/Panduan-Penyusunan-E-Modul-2017-Final
Kholifah, Hartanto dan Koerniawan. (2017). Pengembangan E-book dengan software kvisoft flipbook maker untuk pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan di Stekom Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Vol. 2, No. 2, 2017 http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan
Klumper,DKK. (2016). Development and evaluation of an internet-based blended-learning module in biomedicine for university applicants – Education as a challenge for the future –. Klümper et al. Head & Face Medicine, 12:13 DOI 10.1186/s13005-016-0112-2
Nasution, S (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.
Nisa, Mujib, Putra. (2020). Efektifitas e-modul dengan Flip PDF Professional berbasis gamifikasi terhadap siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 05 No. 02, Juni 2020 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Murtafi’ah, SA. (2019). Pengembangan e-modul pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan pembuatan website kelas XI bisnis daring dan pemasaran di SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, (JPTN) Volume 07 No 02 Tahun 2019 ISSN 2337-6078
Ogunrin,DKK. (2013). Development and pilot testing of an online module for ethics education based on the Nigerian National Code for Health Research Ethics. Ogunrin et al. BMC Medical Ethics, 14:1 http://www.biomedcentral.com/1472-6939/14/1
Seruni,DKK. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-modul) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan flip pdf professional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 4, 1 (Juni 2019): 48-56 Website: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/index ISSN 2527-9637 (online) ISSN 2527-6816
Sriwahyuni, Risdianto, Johan. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip Pdf Professional pada materi alat-alat optik SMA. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2 No. 3, Desember 2019, Hal. 145-152 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika e-ISSN: 2655-1403 p-ISSN: 2685-1806
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan e-book dengan flip PDF professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 1, pp. 124-129).
Wibowo dan Pratiwi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (2), 2018, 147-156
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eva Cahyani Agustin, Djoko Dwi Kusumajanto, Handri Dian Wahyudi, Rachmad Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.