PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MEMFASILITASI KOMPETENSI LITERASI SAINTIFIK

Authors

  • Diana Dahniar PPG, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aman Santoso PPG, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Setyawati SMPN 25 Malang, Jl. Perumahan Villa Bukit Tidar, Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Listrik dinamis, Literasi saintifik, POGIL, SSI

Abstract

Perkembangan abad ke-21 berdampak signifikan pada pendidikan, khususnya dalam meningkatkan literasi saintifik, yang masih menjadi tantangan bagi siswa di Indonesia, dengan peringkat ke-71 dari 78 negara menurut PISA 2018. Untuk mengatasi ini, pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) dan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) direkomendasikan, karena metode konvensional seperti ceramah masih dominan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan produk dengan model POGIL berbasis SSI menggunakan model ADDIE dan metode Research and Development (RnD). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, angket siswa, dan uji kelayakan oleh dosen ahli dan satu guru IPA. Hasil uji kelayakan menunjukkan persentase sangat layak: materi 91%, kebenaran konsep 93,3%, E-Modul 96,1%, Edukit 94,1%, dan soal 81,7%. Uji validitas dan reliabilitas soal menunjukkan 22 pertanyaan valid dengan koefisien reliabilitas 0,869. Kepraktisan guru dan siswa masing-masing mencapai 96,1% dan 84,6%. Produk yang dikembangkan, berupa E-Modul listrik dinamis melalui aplikasi Heyzine dan media Edukit untuk praktikum, menunjukkan bahwa model POGIL berbasis SSI dan bahan ajar sangat layak dan praktis untuk meningkatkan literasi saintifik pada materi listrik dinamis.

References

Adriani, N., & Silitonga, F. S. (2017). Pengembangan modul ajar kimia unsur berbasis inkuiri terbimbing fase development untuk peserta didik pendidikan kimia. Jurnal Zarah, 5(2), 44-47.

Anggi, O. P., Hernani, & Solihat, R. (2019). Improving student’s scientific literacy skill through POGIL with socioscientific issues context on the topic environmental pollution. Proceedings of International Conference on Biology and Applied Science, 1(1), 17–22

Ardiansyah, A., Mahrun, M., & Purnamansyah, P. (2023). Pengembangan Alat Peraga Fisika Dasar Berbasis Konstruktivisme untuk Membangun Keterampilan Generik Sains pada Peserta didik SMA. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 25-32.

Arifin, Zainal. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Developing an Instrument to Measure Mathematics Higher Order Thinking Skills of 10th Grade Student in Senior High School. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1): 98 - 108.

Ariyanti, A. I. P. (2016). Pengembangan Asesmen Modifikasi Nature of Science Literacy Test (NOSLiT) untuk Mengukur Literasi Sains Siswa SMA (Uji Coba di SMAN 1 Ngawi, SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Magetan) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi saintifik Peserta didik Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al - Biruni, 04(2): 179–191.

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Childs, P. E., Hayes, S. M., & O’dwyer, A. (2015). Chemistry and Everyday Life: Relating Secondary School Chemistry to the Current and Future Lives of Students. Netherland: Sense Publishers

Degeng, I. N. S., & Sudana, N. (2004). Strategi pembelajaran mengorganisasi isi dengan model elaborasi. Malang: IKIP dan IPTEK.

Fithriyah, I. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Untuk Jenjang SMP. Disertasi, Universitas Negeri Malang.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi saintifik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Handayani, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta didik Pada Materi Sistem Imun (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang, 4(1): 57–69

Hanson, R. P. C., & Hanson, R. P. (2005). The Search for the Christian Doctrine of God: The Arian Controversy 318-381 AD. A&C Black.

Hastono, S. P. (2001). Analisis data. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning

pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Lestari, F. N., & rriyanikhul’Ulum, W. (2020). Analisis bentuk kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN i Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318-329.

Mullins, M. H. (2017). Actively teaching research methods with a process oriented guided inquiry learning approach. Journal of Teaching in Social Work, 37(4), 309-321.

Nida, S., Marsuki, M. F., & Eilks, I. (2021a). Palm-Oil-Based Biodiesel in Indonesia: A Case Study on a Socioscientific Issue That Engages Students to Learn Chemistry and Its Impact on Society. Journal of Chemical Education, 98(8): 2536–2548.

Nida, S., Pratiwi, N., & Eilks, I. (2021b). A Case Study on the Use of Contexts and Socio-Scientific Issues-Based Science Education by Pre-service Junior High School Science Teachers in Indonesia During Their Final Year Teaching Internship. Frontiers in Education, 5: 1–8.

Nida, S., Mustikasari, V. R., & Eilks, I. (2021c). Indonesian Pre-Service Science Teachers’ Views on Socio- Scientific Issues-Based Science Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(1): 1–11.

Nida, S., Rahayu, S., & Eilks, I. (2020). A survey of Indonesian science teachers’ experience and perceptions toward socio-scientific issues-based science education. Education Sciences, 10(2): 1–15.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Palumpun, N. S., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2022). Identification of Students ’ Self-Regulated Learning Using E- Module Assisted with Integrated Liveworksheets of Toraja ’ s Local Potential. Journal of Research In Science Education, 8(2): 558 - 565.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics Learning by E-Module. Jombang: Fakultas Pertanian Universitas Wahab Hasbullah.

Powell, W. A. (2021). Unifying Themes in Socioscientific Issues Based Instruction for Scientific Literacy Development. USA: IGI Global

Putri, E. R., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020, February). Mathematical connection ability in 7th grade students viewed from self-regulated learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1469, No. 1, p. 012151). IO

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Dahniar, D. ., Santoso, A. ., & Setyawati, E. . (2024). PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MEMFASILITASI KOMPETENSI LITERASI SAINTIFIK. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(8), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5626

Issue

Section

Articles