HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL HOTS BIOLOGI DENGAN KETERAMPILAN 4C SISWA SMA

Authors

  • Nabela Aqiella Fadia Ariesta Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Kolaborasi, Komunikasi, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kemampuan menjawab soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) biologi dengan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication) pada siswa SMA. Metode survei korelasional digunakan dengan populasi peserta didik SMA IPA kelas XI di dua sekolah di Kabupaten Blitar. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan menjawab soal HOTS dengan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran biologi, keterampilan berpikir kritis dan komunikasi penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal HOTS, sementara keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi memerlukan penyesuaian dalam penyusunan soal HOTS untuk dapat diukur dengan baik.

References

Dinda, A, & Windia, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ipa Berorientasi Hots. Pendidikan Dasar, 6(1), 45.

Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 39–45.

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam mengembangkan komunikasi interpersonal siswa. Quanta, 4(3), 126–132. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing problem-based learning to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674

Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil keterampilan kolaborasi siswa SMA pada praktikum maya sistem ekskresi ( Highschool students ’ collaboration skill profile in excretion system virtual lab work ). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57.

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, 11(1), 27–39.

Lamhatin, F., Fajarianingtyas, D. A., & Anekawati, A. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Memuat Keterampilan 4C Menuju Pembelajaran Abad 21. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(1), 30–38. https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.30-38

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nurwanah, Syamsudduha, S., & Ali, A. (2020). Pengembangan Butir Soal Higher Order Thingking Skils Materi Sistem Gerak Untuk Siswa Sma. Jurnal Al-Ahya, 2(2), 24–38.

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Sara, S., Suhendar, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 42. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1654

Sari, O. I., & Hariastuti, R. T. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri di Surabaya Barat. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 12(3), 896–905.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.

Shidiq, A. S., Masykuri, M., & Susanti, E. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas Xi Sma N 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, November, 2015–2159.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Utomo, D. P., Putri, A. M. J., & Santoso, T. (2022). Student’s Critical Thinking Ability to Solve Problems HOTS in Regular, Acceleration, and Olympics Class Programs. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 125–135. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.23242

Downloads

Published

06-06-2024

How to Cite

Fadia Ariesta, N. A. . (2024). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL HOTS BIOLOGI DENGAN KETERAMPILAN 4C SISWA SMA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(8), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5412

Issue

Section

Articles