SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Zayyan Shabrina Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sukoriyanto Sukoriyanto Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Anang Bulgur Wibisono Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Teaching at The Right Level, Pendekatan TaRL, Hasil Belajar, Matematika, Systematic, Literature Review

Abstract

Teaching at The Right Level (TaRL) adalah pendekatan yang menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan pemahaman individu siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis studi-studi tentang pendekatan TaRL terhadap hasil belajar matematika siswa dalam rentang waktu 2022-2024. Metode penelitian ini yang digunakan systematic literature review (SLR). Pengumpulan data menggunakan protokol PRISMA. Variabel moderator yang digunakan meliputi tahun publikasi, metode penelitian, jenjang pendidikan, ukuran sampel, dan demografi penelitian. Data disajikan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi pendekatan TaRL terhadap hasil belajar matematika siswa: 1) Tahun publikasi terbanyak adalah tahun 2023; 2) Jenjang pendidikan yang paling banyak diteliti adalah SD/MI; 3) Penelitian menggunakan mix method mendominasi; 4) Ukuran sampel yang sering digunakan memiliki frekuensi di bawah 30 sampel; dan 5) Fokus penelitian masih terpusat di Jawa Tengah. Penelitian selanjutnya dapat lebih meneliti pada jenjang pendidikan dan mempertimbangkan penggunaan ukuran sampel serta metode penelitian yang digunakan untuk memberikan wawasan yang lebih lengkap.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Apriliani, P. I., Prayito, M., & Jannah, F. M. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9509

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Teaching at The Right Level (Tarl) Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 1 Kuta Utara. Widyadari, 24(2), 220 - 229. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3186

Auliyah, Y. A. Z., Amrulloh, M., & Hikmah, K. (2023). Analisis penguatan karakter religius siswa kelas III melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 2 Gempol. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3 Juni), 146-155. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i3%20Juni.197

Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8010–8025. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1339

Cahya, M. D., Pamungkas, Y., & Faiqoh, E. N. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 31-45. https://doi.org/10.32528/bioma.v8i1.372

Cedefop. (2014). Terminology of European education and training policy: a selection of 130 key terms (second edition). Luxembourg: Publications Office. http://www.cedefop.europa.eu/en/publications-and-resources/publications/4117

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal: Journal Education Research and Development, 5(2), 255-261. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525

Edizon, & Zan, A. M. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18939–18949. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9211

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hajar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. JPN: Jurnal Pendidikan Non-formal, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.47134/

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at The Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(4), 1-8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59–74. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Meta Analisis. UPI Press.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846-1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(6). https://doi.org/10.4000/ries.7470

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), e1-e33. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2009.06.006

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(6), 620-627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9405

Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Inspiratif Pendekatan Tarl Berbasis Pjbl Melalui Pembelajaran Literasi Sains Materi Virus. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2783

Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21st-century skills of the fourth-grade student in stem learning. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058

Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1-11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26

Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (TARL) pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 17 Pare-Pare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 337-351. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1067

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: systematic literature review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 149–160. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914.

Rahmayanti, S. M., Hadi, F. H., & Suryanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545-4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914

Rimang, S. S., Usman, H., & Mansur, M. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level and Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMPN 1 Segeri Pangkep. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 158-166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641

Sabrina, F. N., Wulandari, T. C., & Herminto. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at The Right Level. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 7(2), 206-216. https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2402

Suharyani, S., Suarti, N., & Astuti, F. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Sumliyah. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Cabri 3D pada Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika SMK Materi Bangun Ruang. Integral Pendidkan Matematika, 10(1), 16–27. http://dx.doi.org/10.32534/jnr.v10i1.637

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Wirjana, I. M. A. Y., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan Teaching at The Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI Sma. Widyadari, 24(2), 263 - 275. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3190

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2022). Fakotr-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN), 1(1), 13-24. http://dx.doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yusuf, F. B., Firdaus, F. M., & Kadir. (2024). Enhancing Problem-Solving Skills and Spirit of Mutual Cooperation in Mathematics Learning through Teaching at the Right Level Approach. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(1), 90–100. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i1.68232

Zakaria, Z. (2021). Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 81-90. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.276

Downloads

Published

06-06-2024

How to Cite

Shabrina, Z. ., Sukoriyanto, S., & Wibisono, A. B. . (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(8), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5410

Issue

Section

Articles