SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Keywords:
GeoGebra, Media pembelajaran, Minat Belajar, Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian sebelumnya terhadap pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa dalam rentang waktu 2020-2024. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review (SLR). Data penelitian ditemukan dengan menggunakan protokol PRISMA. Variabel moderator dalam penelitian ini meliputi tahun terbit, tingkat pendidikan, metode penelitian, dan ukuran sampel. Data tersaji secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persebaran studi pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika terhadap peningkatan minat belajar siswa paling banyak tahun 2023; 2) Pemanfaatan GeoGebra banyak digunakan pada siswa tingkat sekolah menengah pertama; 3) Penelitian terkait pemanfaatan GeoGebra terhadap peningkatan minat belajar didominasi oleh penelitian kualitatif; dan 4) Ukuran sampel yang sering digunakan dalam penelitian memiliki frekuensi di bawah 30 sampel. Penelitian selanjutnya peneliti dan pendidik dapat lebih meneliti pada aspek tingkat pendidikan sekolah dasar dan perguruan tinggi. Pada aspek metode penelitian disarankan untuk meninjau kembali penggunaan mix method
References
Agwil, W., Agustina, D., Rini, D. S., Dzakirah, Q., & Adha, F. W. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Geogebra. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 25-32. https://doi.org/10.53860/losari.%20v5i1.117/
Akbar, E. R., Yuliani, A., & Nurfauziah, P. (2023). Analysis of Interest in Learning Mathematics of Junior High School Students Using Open-Ended Approach Geogebra Assisted. Journal of Innovative Mathematics, 6(3), 170-177. https://doi.org/10.22460/jiml.v6i3.17742.
Akmaliah, V. Z. & Lestari, A. B. P. (2024). Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Geogebra di Kelas V Madrasah Darul Ulum Mancilan. Jurnal PEKA, 7(2), 75-81. https://doi.org/10.37150/jp.v7i2.2462.
Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian systematic literature review (SLR) untuk mengidentifikasi dampak terorisme, layanan konseling dan terapi trauma pada anak-anak. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 209-222.
Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Geogebra. Jurnal PRISMA, 11(1), 230-239. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Realistic Mathematic Education on Higher-Order Thinking Skill Mathematics of Students. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 219-236. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol7no2.2022pp219-236
Armiznah, D. & Risnawati. (2023). Penggunaan Media Geogebra dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Geometri Ruang. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 225-234. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.255
Asih, A., & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 799-808.
Dewi, R. S., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.
Islami, A. N. & Setiawan, W. (2020). Efek Geogebra Pada Minat Belajar Siswa SMP. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(1), 78-87. https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.23759.
Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94-100. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7468
Jaya, M. R. & Fitriani, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 5(3), 869-876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.9651
Khadijah, S. S. & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27-40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112.
Khasanah, U., & Nugraheni, E. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181-190. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813.
Lestari, L., Sugiarto, S., & Kurniati, R. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Software GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3275-3287.
Lestari, L., Sugiarto, S., & MA, R. K. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3275–3287. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22627
Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), e1-e33. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2009.06.006
Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pemberlajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 395–402. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.395-402
Mahmudsyah, N. T. & Rosyana, T. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII Berbantuan Geogebra pada Materi Statistika. Jurnal PRISMA, 11(1), 248-254. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1974.
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139-1148.
Muliana, P. L., Sumandya, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra terhadap Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 330-339. https://doi.org/10.5281/zenodo.5637814.
Rahim, R., Suhariyanti, S., Ramadhani, R., Rizqi, N. R., Maharani, I., & Syarah, F. (2023). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan. Educate: Journal of Community Service in Education, 3(1), 8-14.
Ratnasari, N. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IX Mts DDi Tengapadange Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 169–174.
Sagala, A. F. H. & Sagala, M. R. (2023). Penggunaan GeoGebra dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 2(1), 17-26. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1162
Sakti, E. M. S., Marnis, & Herwanto, A. (2024). Penggunaan Apliksi Geogebra dan Minat Belajar Matematika pada Siswa SMKN 34 Jakarta. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(2), 50-56. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.
Teapon, N., Faisal, M., & Sehe, M. M. (2023). Media Pembelajaran dengan Bantuan Perangkat Lunak Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Siswa: Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 20-34.
Teplá, M., Teplý, P., & Šmejkal, P. (2022). Influence of 3D models and animations on students in natural subjects. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594- 022-00382-8.
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. P. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163-171. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049
Zakariya, Y. F., & Massimiliano, B. (2021). Development of mathematics motivation scale: A preliminary exploratory study with a focus on secondary school students. INASED: International Journal of Progressive Education, 17(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.