IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MEWUJUDKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 2 PAKIS

Authors

  • Dwita Kurnia Amalia Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia
  • Pidekso Adi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Kurikulum Merdeka, pendekatan Teaching at The Right Level , TaRL

Abstract

Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang menciptakan kelas dengan beberapa kelompok sesuai dengan tingkat kognitif siswa guna menghilangkan kesenjangan pemahaman dalam satu kelas. Kurikulum Merdeka adalah suatu kebijakan yang memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan belajar siswa. Dari hasil observasi, ditemukan bahwa siswa kelas 7F SMP Negeri 2 Pakis terbagi menjadi dua golongan, yaitu siswa yang belajar secara mandiri dan siswa yang belajar secara bergantung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pendekatan TaRL guna mewujudkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengolahan data melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 siswa yang termasuk dalam kelompok mahir dan mampu belajar secara mandiri, serta 10 siswa yang termasuk dalam kelompok belum mahir dan masih bergantung dalam belajar. Dari pemberian asesmen berdasarkan tingkat kognitif, 29 siswa memperoleh rentang nilai 75-100, 1 siswa dengan rentang nilai 61-65, dan 1 siswa dengan rentang nilai 55-60. Dari rentang nilai tersebut, dapat diketahui bahwa 29 siswa sudah tuntas dalam belajar, sedangkan 2 siswa masih belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL merupakan salah satu wujud dari Kurikulum Merdeka, karena TaRL pada prinsipnya bertujuan untuk memberikan pembelajaran sesuai dengan tingkat kognitif siswa.

References

Creswell, John & Guetterman, Timothy. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition. New York: Pearson.

Febriani, Arum., dan Siti Shaliha. (2023). Buku Ajar Mata Kurliah Inti Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya Cetakan II. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kla Somtrakool. (2002). Building Bridges between Formal, Non-Formal and Informal: Policies and Strategies for Lifelong Learning in Thailand. Hamburg, Germany: UNESCO Institute for Education.

Lestari, Heni., dan Tutus Kuryani. (2023). Buku Ajar Mata Kurliah Inti Prinsip Pengajaran dan Asesmen I Cetakan II. Jakarta: Kemendikbudristek.

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningrum, Melinda Cahya., Budi Juwono., dan Imam Sucahyo. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika, PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94. https://ejournal.unib.ac.id.

Rahmat, Pupu Saeful. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rimang, Siti Suwadah., Hasriani Usman., dan Mansur. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level dan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Andi Page SMPN 1 Segeri-Pangkep. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 158. https://www.jurnalp4i.com.

Romanti. (2023, 31 Agustus). Memahami Lebih Lanjut tentang Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka. Diambil dari https://itjen.kemdikbud.go.id.

Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Substansi Data dan Statistik Pendidikan. (2023). Statistik dan Indikator Pendidikan Berwawasan Gender. Jakarta: Kemendikbudristek.

Suprayogi, Muhammad Nanang., dan Ana Ianah. (2022). Buku Ajar Mata Kurliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi Cetakan 1. Jakarta: Kemendikbudristek.

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

Kurnia Amalia, D. ., & Adi, P. . (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MEWUJUDKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 2 PAKIS. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(4), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5312

Issue

Section

Articles