PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PADA MATERI MITIGASI BENCANA KELAS XI MA AL HIDAYAH WAJAK
Keywords:
project based learning, Google Earth, kemampuan berpikir spasialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model project based learning yang menggunakan Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial dalam konteks mitigasi bencana. Dalam eksperimen semu, dilakukan pre-test dan post-test pada dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas XI IPS 1 dijadikan kelompok eksperimen dengan penerapan model project based learning menggunakan Google Earth, sementara kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol dengan metode ceramah konvensional. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0 for Windows dengan Uji T (Independent Sample T-Test), yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Implementasi model project based learning menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa aspek kemampuan berpikir spasial, dengan tingkat penguasaan siswa pada indikator analisis mencapai 30%, menjadi yang tertinggi. Namun, terdapat kelemahan pada penguasaan indikator skala, hanya dengan persentase 5%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning dengan Google Earth memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa, namun perlu perhatian khusus untuk meningkatkan penguasaan pada aspek yang masih lemah.
References
Arisanty, D. (2020). Improving Geography Learning through Project-based Learning Model. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 585–594. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr201723
Bednarz, R. S., & Lee, J. (2011). The components of spatial thinking: Empirical evidence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 21, 103–107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.07.048
Bodzin, A. M., Anastasio, D., & Kulo, V. (2014). Designing Google Earth Activities for Learning Earth and Environmental Science. Teaching Science and Investigating Environmental Issues with Geospatial Technology: Designing Effective Professional Development for Teachers, 353.
Briju Thankachan, T. F. (2013). Impact of Google Earth on Student Learning. International Journal of Humanities and Social Science. International Journal of Humanities and Social Science, 3, 11–16.
Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning Why Use It? Educational Psychology, ESPY 505, 1–8.
Holm, M. (2011). Project-Based Instruction: A Review of the Literature on Effectiveness in Prekindergarten through 12th Grade Classrooms. InSight: Rivier Academic Journal, 7(2).
Khoiruddin, A. (2016). 1 perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media. 1–8.
Kozinski, J. (2018). Project based learning. Engineering, 1–2, 30–31.
M.M. Grant. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies, volume 5.
Muhammad Akhyar. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan Citra Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS MA Al Ittihad Poncokusumo Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227
Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui penerapan Project Based Learning dengan menggunakan platform google classroom. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 68–80. https://doi.org/10.17977/um063v2i12022p68-80
Rebecca Deutscher. (2011). Google Earth: How Are Teachers Using This Virtual Globe and How Can They Be Further Supported? Orlando, USA: NARST.
Reeder, E. (2005). Designing Worthwhile PBL Projects for High School Students , Part 2. 1–5.
Ristek, K. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. In Http://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.
Riyadi, S. (2011). Studi Eksperimen Penggunaan Google Earth sebagai Media Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Learning Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran … [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/8059/
Strauss, V., & Gardner, H. E. (2013). Howard Gardner: “Multiple intelligences” are not “learning styles” • The Washington Post. The Washington Post, 1–3. http://www.washingtonpost.com/blogs/answer-sheet/wp/2013/10/16/howard-gardner-multiple-
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.