PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Dwi Wahyu Ningtyas Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia

Keywords:

peran guru, pendidikan multikultural, karakter peserta didik, Era Society 5.0

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat di Era Society 5.0 membawa dampak signifikan terhadap pendidikan di Indonesia, namun penggunaan teknologi informasi yang tidak tepat dapat menimbulkan tantangan etika dan moral, seperti kecanduan gawai, informasi palsu, dan bullying. Dalam menghadapi peluang dan tantangan tersebut, guru memegang peran kunci dalam mengoptimalkan potensi teknologi untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah menyelaraskan pendidikan multikultural untuk membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai kehidupan di Indonesia pada Era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, menggambarkan pentingnya peran guru dalam pendidikan multikultural untuk membentuk karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Era Society 5.0, pendidikan multikultural menjadi kunci penting dalam menanggapi keragaman sosial, dan guru memiliki peran sentral dalam membentuk sikap, pemikiran, dan perilaku peserta didik terhadap keberagaman budaya, agama, dan latar belakang sosial.

References

Idris, M. 2022. “Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter”. Belajar: Jurnal Pendidikan Islam. 7(1).

Putri, A.S., dkk. 2022. “Peran Guru Akhlak dalam Membangun Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di Era Society 5.0”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(16).

Ridho, A., dkk. 2022. “Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Teknologi dalam Menghadapi Era Society 5.0”. Educasia: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran. 7(3). 195-213.

Sapdi, R.M. 2023. “Peran Guru Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0”. Jurnal Basicedu. 7(1). 993-1001.

Sugiarto & Farid, A. 2023. “Literasi Digital sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter di Era Society 5.0”. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 6(3). 580-597.

Suryana, Y., & Rusdiana, H.A. 2019. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaaya Penguatan Jati Diri Bangsa, Konsep-Prinsip-Implementasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Toriyono, dkk,. 2022. “Urgensi Pendidiksn Multikultural dalam Pengembangan Karakter di Era Society 5.0 pada Perguruan Tinggi”. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan

Downloads

Published

31-03-2024

How to Cite

Wahyu Ningtyas, D. . (2024). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(3), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5306

Issue

Section

Articles