PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PPTX MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MEMFASILITASI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Pengembangan, PPTx, Ekologi dan Keanekaragaman Hayati, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan fasilitasi yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik, terutama siswa kelas VIII yang telah mengikuti pembelajaran tentang materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development), penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D, melalui tahap Define (Definisi), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respons untuk mengumpulkan data respons peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi media pembelajaran ini mencapai 87%, validitas media sebesar 85,4%, dan keterbacaan media sebesar 87,3%. Dengan klasifikasi nilai antara 81% - 100%, hasil ini menegaskan bahwa isi media pembelajaran ini sangat sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar di SMPN 23 Malang. Sehingga, penelitian ini tidak hanya berkontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga terkait dengan pemahaman akan kebutuhan dan preferensi peserta didik dalam proses pembelajaran.
References
Hesti, & Usman, A. (2023). Analisis Penerapan Power Point Interaktif untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Siswa. UMJember Proceeding Series, 2(1), 38–45.
Kahar, A. P., & Fadhilah, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Berbasis Potensi Lokal, Literasi Lingkungan Dan Sikap Konservasi. Pedagogi Hayati, 2(2).
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2).
Muhammad, S., Long, X., & Salman, M. (2020). COVID-19 pandemic and environmental pollution: A blessing in disguise? Science of the Total Environment, 728, 138820. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138820
Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10, 2.
Nurhafni, Syahza, A., Auzar, A., & Nofrizal, N. (2019). The Strategy of Environmental School through the Program of National Adiwiyata School in Pekanbaru (High School Level). Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.29333/ijese/6289
Rubio, D. M., Berg-Weger, M., Tebb, S. S., Lee, E. S., &, & Rauch, S. (2003). Objectifying content validity: Conducting a content validity study in social work research. Social Work Research, 27(2), 94–104. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/swr/27.2.94
Samuelsson, K., Barthel, S., Colding, J., Macassa, G., & Giusti, M. (2020). Urban nature as a source of resilience during social distancing amidst the coronavirus pandemic. https://doi.org/10.31219/osf.io/3wx5a
Saribas, D., Teksoz, G., & Ertepinar, H. (2014). The Relationship between Environmental Literacy and Self-efficacy Beliefs toward Environmental Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3664–3668. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.820
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/buku/baca/pentingnya-memahami-gaya-belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.